Relevansi Manajemen Kurikulum dan Sarana Prasarana terhadap Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Abad 21 di Madrasah Aliyah

Authors

  • Awaluddin Awaluddin Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dwi Wahyudiati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.2837

Keywords:

Manajemen Kurikulum | Curriculum Management, Manajemen Sarana Prasarana | Infrastructure Management, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum dan manajemen sarana prasarana terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 di MA NW Kembang Kerang. Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA NW Kembang Kerang yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan perhitungan tabel Krejcie, yang didasarkan pada kesalahan 5%, dan sampel yang diperoleh mempunyai kepercayaan 95% terhadap populasi,  yakni 40 orang sebagai sampel. Data kuantitatif yang telah dihimpun selanjutnya dianalisis dengan regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel manajemen kurikulum, manajemen sarana prasarana, dan kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru di MA NW Kembang Kerang sudah dalam kondisi baik; secara parsial, manajemen kurikulum berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru, sedangkan manajemen sarana prasarana tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru di MA NW Kembang Kerang; dan secara simultan, manajemen kurikulum dan manajemen sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 di MA NW Kembang Kerang. Variabel yang paling besar mempengaruhi kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru abad 21 adalah manajemen kurikulum.

This study aims to determine the effect of curriculum management and infrastructure management on the Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) competencies of 21st century teachers at MA NW Kembang Kerang. This is quantitative research using a survey method with a questionnaire as the instrument. The population in this study were 45 teachers of MA NW Kembang Kerang. This study used random sampling with the Krejcie table calculation, which is based on an error of 5%, and the sample obtained has 95% confidence in the population, namely 40 people as a sample. The collected quantitative data were analyzed using multiple linear regression. The research findings show that the condition of the variables of curriculum management, infrastructure management, and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) of teachers at MA NW Kembang Kerang is in good condition; partially, curriculum management has a significant effect on teachers' Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) competencies, while infrastructure management has no significant effect on teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) competencies at MA NW Kembang Kerang; and simultaneously, curriculum management and infrastructure management have a significant effect on the Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) competencies of 21st century teachers at MA NW Kembang Kerang. The variable that most influences the Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ability of 21st century teachers is curriculum management.

References

Amrina, Zulfa, et al. “Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD.” Jurnal Cendikian: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (Maret 2022).

Angrainy, Anggi, et al. “Pengaruh Sarana Parasana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research 1, no 2 (2020).

Astianto, Sigma Adha, dan Ade Rustiana. “Pengaruh Pemahaham Kurikulum, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru.” Ecnomic Education Analysis Jurnal 7, no. 2 (Juni 2018).

Dewi, Itut Kartika. “Pengaruh Kurikulum 2013, Kemampuan Pendidik dan Sarana Prasarana terhadap Mutu Pendidikan Smk Negeri 2 Bojonegoro.” MAP: Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik 1, no. 4 (T.th).

Fajero, Tommi, et al. “Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 Di SMA Negeri Se-Kota Tegal.” Jurnal Pendidikan Rekeasi 7, no. 2 (Juni 2021).

Fauziana, Dyah. “Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mralak Ponorogo.” (Tesis, IAIN Ponorogo, 2017).

Hasbiyallah dan Mahlil Nurul Ihsan, Administrasi Pendidikan: Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. T.tp: t.p, 2019.

Mafudah, Laeli, dan Asrori. “Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK.” Economic Education Analysis Journal 5, no.2 (2016).

Maisaroh, Siti, dan Danuari, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press, 2020.

Mansur, Hamsi, dkk. “Evaluasi Kemampuan Guru melaksanakan Pembelajaran K-13 Berbasis TPACK Model Countenance Evaluation.” International Journal of Innovation, Creativity, and Change (Juli 2020).

Marliya et al. “Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Prabumulih Barat.” Journal of Education Research 1, no 3 (2020).

Nasbi, Ibrahim. “Manajemen Kurikulum: Kajian Teoritis.” Jurnal Idaarah 1, no. 2 (Desember 2017).

Nurhayati, S. “Pengaruh Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPCK) Guru PAI terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Al Kautsar Bandar Lampung.” (Tesis, UIN Raden Intan Lampung, 2019).

Permendikbud RI Nomor 81A tentang Impelementasi Kurikulum tahun 2013.

Purnawati, Wilda, Maison Maison, dan Haryanto. “E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika.” Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 16, no. 2 (Desember 2020).

Rahmadi, Imam Fitri. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK):

Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.” Journal of Civics and Education Studies 6, no. 1 (Maret 2019).

Rusmana, Mohamad Adam, et al., Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital. Jakarta: CV Amerta Media, 2020.

Sari, Harum Ita Puspa. “Pengaruh Kurikulum 2013 (K13) terhadap Kinerja Pemuda dalam Sistem Pengajaran di MI Al Fitrah Surabaya.” (Tesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018).

Sholihah, Mar’atus, et al. “Peranan TPACK terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran POST-PACK.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1, no. 2 (Februari 2016).

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Subhan, Muhammad. “Analisis Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge pada Proses Pembelajaran 2013 di Kelas V.” International Journal of Technology Vocational Education and Training (IJTVET) 1, no. 2 (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), dan Penelitian Evaluasi (Bandung: CV Alfabeta, 2018).

Sujarwo. “Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru PNS Sekolah Dasar di Kota Makasar.” (Tesis, Universita Muhamadiyah Makasar, 2015).

Suryana, Yaya. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Tamal, Vina Adi, dan Dini Restiyanti Pratiwi. “Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia Basastra.” Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia 10, no. 2 (2021).

Published

2022-12-04

How to Cite

Awaluddin, A., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Kurikulum dan Sarana Prasarana terhadap Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Abad 21 di Madrasah Aliyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 171–182. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.2837