Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab 1 Bulan di Lembaga Kursus Kampung Inggris

Authors

  • Fiki Qotrun Nada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Afifah Shofia Faradisa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Kholid UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3066

Keywords:

Pengorganisasian | Organizing, Program Bahasa Arab | Arabic Language Program, Lembaga Kursus | Course Institute

Abstract

Setiap lembaga memiliki cara tersendiri dalam mengelola program-program yang telah dibentuk, seperti program bahasa Arab 1 bulan yang ada di lembaga Al-Azhar Pare Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab 1 bulan di lembaga kursus Al-Azhar Pare, serta kelebihan dan kekurangan manajemen pengorganisasiannya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang relevan dengan tujuan penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan teknik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa manajemen pengorganisasian pada program 1 bulan di lembaga Al-Azhar memuat beberapa langkah atau proses, mulai dari tujuan lembaga Al-Azhar, penentuan dan pengklasifikasian kegiatan, pendelegasian wewenang, penetapan jumlah ustaz, struktur organisasi, serta monitoring dan reorganisasi. Selain itu, hasil penelitian juga memaparkan mengenai kelebihan dan kekurangan manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab 1 bulan di lembaga kursus Al-Azhar Pare.

Each institution has its way of managing the programs that have been formed, such as the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution, Pare Kediri. This study aims to describe organizational management, the advantages and disadvantages of organizing management in the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution. The researcher uses a qualitative approach with descriptive method. The relevant data to the formulation of the problem was collected using interview and observation techniques. After collecting the data, they were analyzed using the Miles and Huberman model of analysis technique. The results of the study conducted by the researcher show that the organizational management of the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution contains several steps or processes starting from the goals of the Al-Azhar institution, determining and classifying activities, a delegation of authority, determining the number of teachers, organizational structure, as well as monitoring and reorganization. In addition, the results of the study also describe the advantages and disadvantages of organizational management in the 1-month Arabic language program at the Al-Azhar course institution.

References

Akbar, Ghufran, dan Bambang Budi Prasetyo. “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Akademik Almadinah.” Taqdir 8, no. 1 (2022): 19–33.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. Ella Deffi Lestari. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Anto, Rola Pola. “Pengaruh Struktur Organisasi, Rentang Kendali dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Kendari.” e-JKPP Jurnal Kebijakan & Pelayanan Publik 1, no. 2 (2015).

Batlajery, Semuel. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke.” Jurnal Ilmiah 7, no. 2 (2016).

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004.

Hasibuan, Malayu S. P. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, 4th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Hasibuan, Malayu S. P. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: CV. Haji Mas Agung, 1990.

Mamik, Mamik. Metodologi Kualitatif, ed. M. Choiroel Anwar. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.

Muttaqin, Galih Fajar. “Pengaruh Pendelegasian Wewenang terhadap Kinerja Organisasi.” Jurnal Riset Akuntansi Terpadu 11, no. 2 (2018): 159–176.

Nasution, Nurhayati. “Strategi Perekrutan Anggota Baru K-Link di Stockist Center Padangsidimpuan.” Jurnal Ilmiah: Muqoddimah 3, no. 1 (2019).

Putri, Ganis Aliefiani Mulya, Srirahayu Putri Maharani, dan Ghina Nisrina. “Literature View Pengorganisasian: SDM, Tujuan Organisasi dan Struktur Organisasi.” JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3, no. 3 (2022).

Rahmawati, Alvi Dyah. “Manajemen Pengorganisasian.” Arabi: Journal of Arabic Studies 3, no. 1 (2018): 52–60.

Saefrudin, Saefrudin. “Pengorganisasian dalam Manajemen.” Jurnal Dirasah 1, no. 1 (2018).

Satari, Armeini Uha. Pengertian dan Tujuan Serta Tipe dan Struktur Organisasi Sosial. Banten, t.tp, 2008.

Setyarini, Ika Wahyu. “Pengaruh Pengawasan, Evaluasi dan Audit Kinerja Karyawan terhadap Loyalitas Anggota BMT Berkah Trenggalek.” An-Nisbah 03, no. 01 (2016).

Tristanto, Aris, dan Yunilisiah. “Reorganisasi Karang Taruna (Studi Kasus Karang Taruna ‘Tunas Kahuripan’ Desa Ciela, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut).” Altruis: Journal of Community Services 3, no. 1 (2022).

Umam, Islahel, Moh. Hasin, dan Zakiyah Arifa. “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Markaz Bahasa Arab Darul Lughah Waddirasat Islamiyah.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 01 (2019).

Published

2022-12-18

How to Cite

Nada, F. Q., Faradisa, A. S., & Kholid, N. (2022). Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab 1 Bulan di Lembaga Kursus Kampung Inggris. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 206–217. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3066