Subjek dan Karakteristik Kepemimpinan Transformasional dan Peran Strategisnya di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Roni Harsoyo STAI Miftahul Ula Nglawak Ketosono Nganjuk
  • Nur Alim IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3067

Keywords:

Peran Strategik | Strategic Role, Subjek Kepemimpinan Transformasional | Subjects of Transformational Leadership, Lembaga Pendidikan Islam | Islamic Educational Institutions

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengeksploarasi subjek dan karakteristik kepemimpinan transformasional serta peran strategisnya dalam lembaga pendidikan Islam. Dengan menerapkan metode koleksi dan analisis data secara kualitatif dalam bentuk kajian pustaka (library research), kajian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang dianggap sebagai model kepemimpinan paling efektif dalam mengelola lembaga pendidikan Islam, memerlukan subjek (pelaku) yang dapat menjalankan fungsi trafnsformatifnya. Kepala sekolah beserta wakilnya, guru, dan orang tua sebagai pemimpin transformatif di lembaga pendidikan Islam harus memiliki visi jauh ke depan, memiliki komunikasi yang efisien, memahami kebutuhan bawahan, serta menjalankan proses pemberdayaan dan memiliki nilai pribadi yang kuat. Karakteristik ini harus melekat pada diri seorang pemimpin sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan. Selain itu, kepemimpinan harus diikuti dengan perilaku komunikasi dan konsolidasi anggota dalam mewujudkan visi, perhatian terhadap bawahan, dan pemenuhan komitmen yang tinggi. Semua itu merupakan suksesi transformasi pendidikan dengan peran strategisnya masing-masing dan oleh karenanya harus bekerja sama dengan apik agar tujuan pendidikan yang diidealkan dapat terwujud.

The purpose of this study is to explore the subjects and characteristics of transformational leader-ship and its strategic role in Islamic educational institutions. By applying the data collection method which was analyzed qualitatively in the form of library research, this study shows that transformational leadership which is considered as the most effective leadership model in managing Islamic educational institutions, requires a subject (actor) who can carry out his transformative function. The principal and his deputies, teachers, and parents as transformative leaders in Islamic educational institutions must have far-sighted vision and efficient communication, understand the needs of subordinates, as well as carry out the empowerment process and have strong personal values. These characteristics must be inherent in a leader as a unified whole and inseparable. In addition, in carrying out the leadership process, it must be followed by the behavior of communicating and strengthening members in realizing the vision, as well as attention to subordinates and fulfillment of high commitment. All of this is a succession of educational transformation with their respective strategic roles and must—therefore—work together neatly so that the idealized educational goals can be achieved.

References

Anam, Saeful. “Tinjauan Filosofis tentang Pendidik: Analisa terhadap Pendidik dalam Pendidikan Islam.” Miyah 11, no. 01 (2016).

Assingkily, Muhammad Shaleh, and Mesiono. “Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 160–61.

Bass, Bernard M., and Ronald E. Riggio. Transformational Leadership, 2nd ed. New Jersey: Mahwah, 2006.

Burns, J. M. Leadership. New York: Harper & Row, 1978.

Carlson, Dawn S., and Pamela L. Perrewe. “Institutionalization of Organizational Ethics Through Transformational Leadership.” Journal of Business Ethics 14, no. 10 (1995): 829–38, https://doi.org/10.1007/BF00872349.

Danim, Sudarwan, dan Suparno. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional dan Kepala Sekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Downton, J. V. Rebel Leadership: Commitment and Charisma in a Revolutionary Process. New York: Free Press, 1973.

Drucker, P. F. The Efective Executive. New York: Harper & Row, 1966.

Fadhli, Muhammad, and Binti Maunah. “Model Kepemimpinan Pendidikan Islam: Transformasional, Visioner dan Situasional.” Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019).

Gomes, A Rui. Transformational Leadership: Theory, Research, and Application to Sport. T.tp: t.p., 2007.

Komsiyah, Indah. “Kepemimpinan Transformatif Perkembangan dan Implementasinya pada Lembaga Pendidikan.” Ta’allum2 04, no. 02 (16AD).

Leithwood, Kenneth. “Leadership for school restructuring.” Educational AdministrationQuarterly 30, no. 4 (1994): 498–518.

Moeljono, Djokosantoso. 13 Konsep Beyond Leadership. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

Mualldin, Isnaini. Kepemimpinan Transformasional dalam Kajian Terotik dan Empiris. Yogyakarta, t.p., 2019.

Narsa, I Made. “Karakteristik Kepemimpinan: Transformasional versus Transaksional.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 14, no. 2 (2012).

Qomar, Mujamil. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.

Suminto. “Karakter Kepemimpinan Transformatif.” Pedagogy 4, no. 1 (2017).

Syafnan. “Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan.” Ta’dib 13, no. 1 (2010).

Syihabuddin, Muhammad Arif. “Subyek Kepemimpinan Transformasional pada Lembaga Pendidikan Dasar.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 02, no. 1 (2018).

Tafvelin, Susanne. The Transformational Leadership Process: Antecedents, Mechanisms, and Outcomes in the Social Services, Print & Media Umea, Sweden. T.tp: t.p, 2013.

Yukl, Gary. “An Evaluation of Conceptual Weaknesses in Transformational and Charismatic Leadership: The Leadership Quarterly.” Scientific Journal 10, no. 2 (1999): 285–305.

Yukl, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi, terj. Budi Supriyanto. Jakarta: PT. Indeks, 2010.

Published

2022-11-28

How to Cite

Harsoyo, R., & Alim, N. (2022). Subjek dan Karakteristik Kepemimpinan Transformasional dan Peran Strategisnya di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 143–156. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3067