Pembiasaan Salat Duha sebagai Implementasi Visi Sikap Religius Anak di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Paujiah Paujiah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fitrianor Fitrianor Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rahmat Hamdani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ana Sulton Mutmainah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sri Asmanah Subandi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Ramli Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122

Keywords:

Pembiasaan Ibadah Anak | Habituation of Children’s Worship, Visi Sekolah | School Vision, Taman Kanak-Kanak | Kindergarten

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembiasaan di taman kanak-kanak, tujuan, serta hambatan yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di TK Handayani III Panajam. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan salat Duha berjalan dengan baik dan sinkron dengan visi dan misi lembaga yang beriman, berbudi luhur dan dermawan. Pembiasaan tersebut berdampak baik pada anak, yang terlihat dari terbentuknya sikap disiplin; tumbuhnya sikap kepemimpinan pada anak saat memimpin salat; menumbuhkan sikap menghargai lingkungan saat berwudu dengan tidak membuang-buang air; memiliki sikap sabar dalam mengantri ketika menunggu giliran wudu. Tujuan sekolah TK Handayani III Panajam melaksanakan pembiasaan salat Duha adalah agar anak memiliki akhlak yang baik dan sifat terpuji di masa depan.

The purpose of this research is to describe the implementation of the habituation of Duha prayer in kindergarten, its purposes, and its obstacles. This research was conducted at Handayani III Panajam Kindergarten. This is qualitative research with a descriptive approach. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. The results of the research show that the habit of Duha prayer goes well and is in sync with the vision and mission of The Institution that is faithful, virtuous, and generous. This habit has a good impact on children, which can be seen from the attitude of discipline; attitude of leadership in children when leading prayers; attitude of respecting the environment when doing ablution by not wasting water; attitude of patient in queuing when waiting for the ablution turn. The purpose of the Handayani III Panajam Kindergarten school in carrying out the Duha prayer habit is so that children have good morals in the future.

References

Afendi, Achmad Ruslan, et al. “Kegiatan Pembelajaran Berbasis Islam di PAUD.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022).

Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019).

Alamsyah, Yosep Aspat, Novia Safitri, dan Cahniyo Wijaya Kuswanto. “Metode Penanaman Nilai Moral Anak Usia Dini.” Jounal of Early Childhood Education 1, no. 2 (2019).

Ardiansari, Bina Fitriah, dan Dimyati. “Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2022).

Cahyaningsih, Ica Putri, Khozin K, dan Moh. Kamal. “Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 102–116.

Eka, Siti Nor Asiah, dan Livita Maghfiratul Laili. “Strategi dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 90–101.

Hidayatul Khasanah, Yuli Nurkhasanah, dan Agus Riyadi. “Metode Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha pada Anak Hiperaktif di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang.” Jurnal Ilmu Dakwah 36, no. 1 (2017).

Khosiin, Nur. “Pendidikan Ibadah Anak Usia Dini dalam Kitab Fasalatan Karya KHR. Asnawi.” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian KeIslaman 9, no. 2 (2020): 245–246.

Latipah, Irnah, Amilda, dan Ali Mortopo. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini di PAUD KB Tunas Mulya Semende Darat Ulu Muara Enim.” Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 3 (2022): 274–275.

Mustofa, Ali, and Abdul Ghofur. “Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an dalam Peningkatan Akhlak.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah 29, no. 01 (2022).

Nurhadi, Ridwan, Maesaroh Lubis, dan Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny. “Pengaruh Gerakan Sholat Dhuha Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Unsur Keseimbangan Anak Usia 5-6 Tahun.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022).

Octaviana, Ariyanda, Riza Oktariana, dan Ully Muzakir. “Analisis Peran Guru dalam Pembiasaan Ibadah Shalat Dhuha pada Anak Usia Dini di TK Save The Kids Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 1 (2021).

Oktaviana, Anita, et al. “Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022).

Pemerintah Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 2022.

Rosyad, Wahyu Sabilar. “Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Ajibarang Wetan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9, no. 2 (2020).

Sari, Novita, dan Dessi Andriani. “Pengaruh Sholat Dhuha terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Ar-Rahmah Tanjung Atap.” Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2020).

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta Bandung, 2013.

Susianti, Cucu. “Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 2, no. 1 (2016).

Wilis, Andriyeni Nur, dan Sri Hartati. “Kegiatan Ibadah Sholat di Sentra Ibadah Pada Taman Kanak-Kanak Khaira Ummah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 1 (2020).

Published

2022-12-14

How to Cite

Paujiah, P., Fitrianor, F., Hamdani, R., Mutmainah, A. S., Subandi, S. A., & Ramli, A. (2022). Pembiasaan Salat Duha sebagai Implementasi Visi Sikap Religius Anak di Taman Kanak-Kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 183–193. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122