Petunjuk Penulisan

Artikel yang dikirim ke redaksi Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam harus mengikuti ketentuan-ketentuan teknis sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian manajemen & pendidikan Islam dari berbagai aspeknya.
  2. Artikel konsepsional meliputi judul, nama dan identitas penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, isi atau pembahasan, punutup yang berisi kesimpulan dan catatan akhir, dan daftar rujukan.
  3. Artikel hasil penelitian memuat judul, nama dan identitas penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan (masalah, tujuan, dan manfaat penelitian), metode penelitian, pembahasan, penutup yang berisi kesimpulan, saran dan catatan akhir dan daftar rujukan.
  4. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam terbitan berkala lain atau bunga rampai.
  5. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa internasional baku yang diakui PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) dengan Font Times New Roman 12 (Indonesia/Latin) dan Traditional Arabic 14 (Arab) spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dan dikirim ke alamat email: pasca@unipdu.ac.id dengan fomat RTF (Rich Text Format). Panjang tulisan adalah 5000-7000 kata. Artikel paling lambat dikirim satu bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  6. Menyertakan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, masing-masing maksimal 200 kata. Pada setiap abstrak harus menyertakan kata kunci (keywords).
  7. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atu jabatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telepon seluler.
  8. Artikel yang memenuhi syarat diseleksi dan diedit oleh dewan penyunting untuk penyeragaman format dan gaya penulisan tanpa mengubah isinya.
  9. Artikel harus menyertakan sumber kutipan dengan menggunakan model catatan kaki (footnote) dan daftar pustaka (bibliografi) dengan menggunakan CHICAGO-TURABIAN STYLE.
  10. Teks Arab yang ditulis dangan huruf latin menggunakan ALA-LC ROMANIZATION SYSTEM FOR ARABIC
  11. Artikel yang dipublikasi di jurnal ini tidak dikenakan biaya apapun, alias GRATIS.