PENGARUH PEMBERIAN SARI KACANG HIJAU PADA IBU NIFAS DENGAN KELANCARAN PRODUKSI ASI DI BPM YUNI WIDARYANTI, Amd. Keb SUMBERMULYO JOGOROTO JOMBANG

Dewi Triloka Wulandari, Siti Roudhotul Jannah

Abstract



ABSTRAK

ASI adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktose dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bagi bayi. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 124 mg kalsium dan 326 mg fosfor, bermanfaat untuk memperkuat kerangka tulang. Serta 19,7-24,2 % protein dan 5,9-7,8 % besi dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengaruh Pemberian Sari Kacang hijau pada Ibu Nifas dengan Kelancaran Produksi ASI di BPM Yuni Widaryanti, Amd.Keb Sumbermulyo Jogoroto Jombang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra-Experimental Designs dengan menggunakan One Group Pra Post Test Design Jenis sampling total yaitu 7 orang Pengumpulan data dengan menggunakan check list observasi secara langsung kemudian diinterpretasikan dalam kriteria kelancaran produksi ASI.
Dari hasil uji Chi Square yang dilakukan menggunakan pre dan post SPSS Versi 13


Full Text:

PDF


Flag Counter