Eksistensi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam mewujudkan keluarga Sakinah di KUA Peterongan Jombang

Haris Hidayatulloh, Laily Hasan

Sari


Keluarga yang diharapkan membina sebuah rumah tangga sakinah yang mawaddah wa rahmah, yaitu keluarga yang dilandasi dengan suatu ikatan perkawinan antara laki-laki dan perempuan. Dalam rangka mewujudkan rumah tangga yang sakinah tersebut negara Indonesia, dalam hal ini Kementrian Agama telah sejak lama mendirikan lembaga konsultasi perkawinan dalam upaya melestarikan dan menggapai rumah tangga sakinah, yaitu dikenal dengan Badan Penasehatan Perkawinan, Perselisihian dan Perceraian (BP-4). BP-4 diharapkan mampu berperan aktif dalam mensukseskan program nasional yakni gerakan keluarga sakinah dan juga sebagai tujuan dari agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan BP-4 dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif diskriptif dengan uji analisis data program kerja serta realisasinya dalam bidang BP-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BP-4 tidak berperan secara maksimal. BP-4 hanya sekedar struktur yang ada di tiap Kantor KUA dan tidak mempunyai fungsi yang jelas setelah mediasi dialihkan kewenangannya ke Pengadilan Agama.

Kata Kunci


peran BP-4; keluarga sakinah; KUA Peterongan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman. Kompilasi Hukum Islam Di Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo, 2004.

Andrianto, Tuhana Taufiq. 2013. Romantika Perkawinan. Yogyakarta : Pustaka Mahendra, 2013.

Athok, Ahmad. Revitalisasi Peran BP-4. Kediri: KAU, 2005.

Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP-4) Provinsi Jawa Timur. Tuntunan Rumah Tangga Bahagia. Surabaya: BP-4, 2003.

BP-4. Keputusan Musyawarah Nasional BP-4 Ke XIV, 2009.

Direktorat Jendral Bimbingan Agama Islam dan urusan Haji. Pedoman Pegawai Pencatatan Nikah dan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah. Jakarta: Proyek Peningkatan sarana dan Prasana Keagamaan Islam, zakat dan wakaf, 1998.

I Doi, A. Rahman. Penjelasan Lengkap Hukum-Hukum Allah (Syari’ah). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Irawan, Suhartoni. Metode Penelitian Sosial; Suatu teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Dan Ilmu Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.

Junaedi, Dedi. Bimbingan Perkawinan. Jakarta: Akademiko Pressindo, 2003.

Pusat penyusunan dan pengembangan bahasa. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Sudirman. Upaya Meningkatkan Pemasyarakatn BP-4 di Kabupaten Jombang (Kertas Kerja Perorangan Rencana Kerja. Surabaya: Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan Departemen Agama, 1998.

Widjaja, Ismail. Panduan KB. Mandiri. Jakarta: Falwa Arika, 1987.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Komplek Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang Jawa Timur 61481 Indonesia Telpon: (0321) 873655

Map Coordinate: Lat. -7.545216, Long. 112.278610

Lisensi Creative Commons
Jurnal Hukum Keluarga Islam disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jhki.

______________________________________________

View My Stats