Model Antrian Pelayanan Farmasi Menggunakan Petrinet dan Aljabar Max-Plus

Authors

  • Dian Mustofani Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri
  • Ahmad afif Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1055

Keywords:

Petrinet, Model Antrian Pelayanan Farmasi

Abstract

Abstrak

Pemenuhan kebutuhan pasien akan obat dan informasi serta memberikan pelayanan yang memuaskan pada pasien adalah orientasi utama dalam pelayanan kefarmasian. Menurut Keputusan Mentri Kesehatan no.129 tahun 2008, standar minimal pelayanan rumah sakit memiliki indikator waktu tunggu pelayanan farmasi untuk obat jadi  lebih kecil atau sama dengan 30 menit dan pelayanan farmasi untuk obat racik yaitu lebih kecil atau sama dengan 60 menit (Kemenkes. 2008). Dalam tulisan ini petri net dibangun untuk menentukan lamanya kedatangan pasien saat yang ke-k, lamanya pasien melakukan antrian saat yang ke-k, dan lamanya kedatangan pasien meninggalkan pelayanan saat yang ke-k.

Author Biographies

Dian Mustofani, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri

Dosen Matematika Fakultas Sains dan Analisis Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Ahmad afif, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri

Dosen Matematika Fakultas Sains dan Analisis Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

References

Adzkiya, Dieky, 2009, Membangun Model Petri Net Lampu Lalu Lintas dan Simulasinya, Tesis Magister Matematika, Istitut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Febriawati H. 2013. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Gosyen: Yogyakarta.

Mustofani, Dian. 2013. Model Antrian Nasabah Bank dengan Menggunakan Petrinet. Makalah Tugas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Robiati, Puji. 2015. Analisis Sistem Antrian Seri Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Optimalisasinya. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Rusdiana, Nita., dkk. 2015. Kualitas Pelayanan Farmasi Berdasarkan Waktu Penyelesaian Resep di Rumah Sakit. Jurnal Pharmaciana Vol 5.

Subiono, 2015, Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya, Buku Ajar Kuliah Pilihan Pascasarjana, Institut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Sujoko, A. 2015. Pengembangan Model Antrian Pelayanan Obat Pasien Non Racikan di Depo 1 Unit Rawat Jalan Instalasi Farmasi RS Islam Jemursari. Skripsi. Universitas Airlangga: Surabaya.

Sujoko, Aris., Chalid, Djazuly. 2015. Analisis Antrian Pelayanan Obat Non Racikan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol 3.

Published

2018-03-27