Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Operation Research

Lilis Widayanti
Lukman Hakim

Abstrak


Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah operation research. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 19 mahasiswa kelas operation research. Langkah-langkah penelitian mengacu pada penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yaitu (1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, lembar penilaian karakter mahasiswa, dan tes operation research. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintaks model kooperatif tipe jigsaw. Sedangkan karakter yang direkam dalam proses pembelajaran meliputi karakter mampu bekerjasama, tanggung jawab, dan kejujuran. Dari hasil tes materi metode transportasi dan penugasan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.


Kata Kunci


Jigsaw; Pendidikan Karakter; Hasil Belajar; Operation Research

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

   

Flag Counter

 

Lihat statistik JMPM

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/

.

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Sekretariat: Kampus Utama Unipdu Fakultas MIPA Lt. 1 Komplek Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang Jawa Timur 61481

Telp. (0321) 873655

Email: jmpm@mipa.unipdu.ac.id

Facebook: JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Map Coordinate: Lat. -7.545054, Long. 112.278616