Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Operation Research

Lilis Widayanti
Lukman Hakim

Abstract


Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah operation research. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 19 mahasiswa kelas operation research. Langkah-langkah penelitian mengacu pada penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yaitu (1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, lembar penilaian karakter mahasiswa, dan tes operation research. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintaks model kooperatif tipe jigsaw. Sedangkan karakter yang direkam dalam proses pembelajaran meliputi karakter mampu bekerjasama, tanggung jawab, dan kejujuran. Dari hasil tes materi metode transportasi dan penugasan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.


Keywords


Jigsaw; Pendidikan Karakter; Hasil Belajar; Operation Research



DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.892

Article metrics

Abstract views : 427 | views : 395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN: 2502-9878

Indexed by:

           

 

 

Creative Commons License
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.