Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Memecahan Masalah, Matematika SMP, Kecerdasan Logis-Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif mahasiswa dalam pemecahan masalah pada  mata kuliah matematika SMP berdasarkan kecerdasan logis-matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Universitas PGRI Madiun. Teknik analisis datanya terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah (1) mahasiswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi memiliki kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan baik. (2) mahasiswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang memiliki kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan cukup baik (3) mahasiswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori rendah memiliki kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis kurang baik.

Author Biography

Vera Dewi Susanti, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika

References

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Iinfinity, Volume 1 No. 1. Hal 90-103.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

O’Daffer, P., et al. (2008). Mathematics for Elementary School Teachers. Boston: Pearson Education.

Pardjono. (2009). Peningkatkan kemampuan analisis, sintesis dan evaluasi melalui pembelajaran problem solving. Cakrawala Pendidikan. November 2009. XXVIII. No. 3.

Puspadewi, K. R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Ikrar Berorientasi Kearifan Lokal dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Sastyawati, N. N. S. B. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. 2(2), 1–17.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif, 1(1), 29–39.

Susanti, V. D. (2013). Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation DanTAI Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Geger. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1.

Tokan, R, I. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia. Jakarta: PT Grasindo.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 2011–2036.

Widiawati, R. (2016). Kemampuan Berpikir reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Gender Kelas VIII Di MTs Negeri Tanjunganom. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Winarni, E, S & Harmini, S. (2012). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Published

2018-03-28