Materi Pendidikan Islam dalam Kitab ‘Aq?dat al-‘Aww?m Karya Shaykh A?mad al-Marz?q? al-M?lik?

Penulis

  • Ahmad Haris Faishol Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Muhammad Syafi’i Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

materi, pendidikan Islam, kitab ‘Aq?dat al-‘Aww?m.

Abstrak

Materi yang diuraikan dalam Alquran menjadi bahan-bahan pokok pelajaran yang disajikan dalam proses pendidikan Islam, formal maupun nonformal. Oleh karena itu materi pendidikan Islam yang bersumber dari Alquran harus dipahami, dihayati, diyakini, dan diamalkan dalam kehidupan umat Islam. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana materi yang terkandung dalam pendidikan Islam maupun dalam Kitab ‘Aq?dat al-‘Aww?m. Adapun Shaykh A?mad al-Marz?q? al-M?lik? melalui kitabnya ‘Aq?dat al-‘Aww?m yang menunjukkan materi pendidikan Islam sebagai pokok pelajaran dalam kehidupan sehari- hari. Di mana kitab tersebut yang isinya mencakup tiga materi yakni Tauhid, Akidah dan Akhlak yang terdapat dalam Kitab ‘Aq?dat al-‘Aww?m. Penelitian tersebut termasuk penelitian kepustakaan (library research), dengan metode analisi isi (content analysis). Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa kitab ‘Aq?dat al-‘Aww?m yang mana memiliki isi kandungan materi pendidikan Islam dengan penjelasan yang jelas, dan mudah dipahami.

Referensi

Abdullah Muhammad bin Ismail Al- Bukhari, Shahih Al- Bukhari. Indonesia: Dahlan.

Ahmad Musthafa al-Maraghi, 1989. Tafsir al-Maraghi. Penerjemah Hery Noer Ali. Semarang :Toha Putra. Jilid 27 h. 24.https://goo.gl/RKmIW1. diaksespada 18-05-2017.

Al- Maliki, Ahmad Imam Marzuqi. ‘Aqīdat al-‘Awwām Surabaya : al- Hidayah

Ali, Muhammad Daud. 2002. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Alim, Muhammad.2006. Pendidikan Agama Islam.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Aminuddin.2005. Pendidikan Agama Islam.Bogor: Ghalia Indonesia.

An- Nadwi, FadlilSa’id. Terjemah dan Syarah Aqidatul Awam, Surabaya: al-Hidayah.

Amrulloh. "Al-Azhar dan Upaya Eksploitasi Rezim Pra-Revolusi 2011," Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2015).

Arif ,Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, Muzayyin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. BumiAksara.

Arifin, Muhammad. 2006. Ilmu Pendidikan Islam ; Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: BumiAkasara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Ary Donald, Jacobs LuchyCheser. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Terj.AriefFurchan. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Assegaf, Abdur Rahman. 2007. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press.

Bawani, Imam. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Sidoarjo: KhazanahIlmuSidoarjo.

Daradjat, Zakiyah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiyah. 2014. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara.

Departement Agama RI. 2010. Al- Qur’an danTafsirnya. Jakarta: LenteraAbadi.

Departement Agama RI. 2011. Al- Qur’an danTafsirnyaEdisi yang Disempurnakan. Jakarta: Widya Cahaya.

EdyGojira.https://goo.gl/FfGraa. diaksespada 18-05-2017.

Fitriyah, Lailatin Nurul. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi al-Bantani dan Relevansinya Dengan Materi PAI Berdasarkan Permendikbud No 68 Tahun 2013.Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/5381/. diaksespada 07-04-17.

Hamid, Mas’an. 2015. Al-waznu Al-arudliwaTaghyiratuhu : Fi qasidahakidah Al-awwam li sayyid Ahmad Marzuky (AnalisisTeoridanKritikTerjemah). Skripsi, UIN Ampel Surabaya. t.halhttp://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1963diaksespada 03-05-2017.

Hamzah, Ali. 2014. Pendidikan Agama IslamuntukPerguruanTinggi. Bandung: Alfabeta.

Hendra, Verry. 2012. Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009. Skripsi.UniversitasPendidikan Indonesia.http://repository.upi.edu/8083/5/s_pkn_0808386_chapter3.pdf. diaksespada 14-03-2017.

Huda, Ahmad Nuril. 4 SumberHukumdalamAswaja.http://www.nu.or.id/post/read/9215/4-sumber-hukum-dalam-aswaja. diaksespada 18-05-2017

Hudah, Samsul. 2011. Konsep pendidikan Islam menurut Al- Ghazali dan Hasyim Asy’ari (Studi Perbandingan Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin dan Adabul Alim Wal Muta’alim. Skripsi. Unipdu Jombang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi omline.http://kbbi.web.id/materi. diakses 11-01-2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi omline. http://kbbi.web.id/materi. diakses 11-01-2017.

Moleong, Lexi J. 1989. Metodologi Penelitian kualitatf. Bandung: RemajaRosdaKarya.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. RemajaRosdaKarya.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama danBudaya. Yogyakarta: Multi Persindo.

Nata, Abbudin.2001. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: PT. Logos WacanaIlmu.

Nata, Abudin. 2010. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Norlaila. 2015. Model Penerjemahan Kitab Kuning Analisis Deskriptif Model Penerjemahan Kitab-Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-FalahPuteri. LaporanPenelitian. IAIN Antasari Banjarmasin.http://idr.iain-antasari.ac.id/5165/3/RINGKASAN%20PENELITIAN.pdf. diaksespada 29-12-2016.

Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: RemajaRosdaKarya.

Ramayulis, Nizar Syamsul. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: KalamMulia.

Ramayulis. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Rohim, Mahsunah. 2013. Hubungan Gen Dengan Pembentukan Kepribadian Anak. Perspektif Pendidikan Islam.Tesis, Unipdu Jombang.

Royi, Ashhabur. Sejarahdan Teks Syair Aqidatul Awwam. http://al-badar.net/2010-sejarah-dan- teks-syair-aqidatul-awam.diakses 12-01- 2017.

Saebani, Beni Ahmad. 2009. Ilmu Pendidikan Islam“ Disusun berdasarkan kurikulum terbaru nasional Perguruan Agama Islam. Bandung :pustakasetia.

Sukintaka.2004. Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Nuansa.

Surakhmad,Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metodedan Teknik. Bandung: Tarsito.

Syah, Darwyn. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada.

Syah,Darwyn. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada.

Tafsir,Ahmad. 1984. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: RosdaKarya.

Umar, Buhkhari. 2014. Hadis Tarbawih “Pendidikan dalam Perspektif Hadis”. Jakarta: Amzah.

Zahro, Ahmad. 2004. Tradisi Intelektual NU: Lajnah Bahtsul Masa’il 1926-1999. Yogyakarta: LKS.

Zaidun, Achmad. Ringkasan Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Amani. 1264.

Unduhan

Diterbitkan

2018-01-14

Terbitan

Bagian

Artikel