Analisis Kompetensi dalam Pembelajaran Mata Kuliah Alternatif Public Speaking di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Tahun 2017

Dhikrul Hakim
Ahmad Nur Kholis

Abstrak


Di era globalisasi mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan bidang akademik, tetapi juga harus memiliki kemampuan keterampilan aplikatif sehingga diharapkan mahasiswa mampu mandiri atau mampu menciptakan lapangan kerja. Sehubungan dengan hal itu, Unipdu mengembangkan materi perkuliahan dengan menambah mata kuliah berbasis kompetensi dan ketrampilan, yakni Mata Kuliah Keterampilan Alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi ranah kognitif, afektif, psikomotorik dalam pembelajaran public speaking. Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif-kualitatif yang digali melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknis analisis data yang digunakan ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Berdasarkan analisis tersebut dalam penelitian ini diketahui bahwa kompetensi ranah kogntif dalam pembelajaran public speaking meliputi enam aspek, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Sedangkan kompetensi ranah afektif dalam pembelajaran public speaking meliputi lima aspek, yaitu pengenalan, pemberian respons, penghargaan terhadap nilai, pengorganisasian dan pengamalan. Adapun kompetensi ranah psikomotorik meliputi lima aspek, yaitu meniru, manipulasi, ketepatan gerakan, artikulasi dan naturalisasi.

Kata Kunci


analisis kompetensi, mata kuliah alternatif, public speaking.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryati, Lies. Panduan Untuk Menjadi MC Profesional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Asmadi. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2008.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelelligences di Indonesia. Jakarta: Mizan Digital Publishing, 2008.

Dewi, Fitriana Utami. Public Speaking Kunci Sukses Berbicara Depan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Hadi, Sutrisno. Metodelogi Risearch. Yogyakarta: Yasbit Fak, Psikologi UGM, 1990.

Harsanto, Radno. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis: Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Yogyakarta: Penerbit Kanisius Anggota IKAPI, 2007.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail, 2009.

Istijanto. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Bandung: Gramedia Pustak Utama 2009.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Ilmiah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1989.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosydakarya, 2006.

Pawito. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS, 2007.

Ristyantoro, Muhammad Afif Galang. “Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dalam Implementasi Kurikulum 2013.” (Skripsi, Universitas Negeri Semarang 2015).

Rudy, Dwiwibawa F. Siap Jadi Pemimpin Latihan Dasar Kepemimpinan. Yogyakarta: Anggota Ikapi, 2008.

Saparingga, Donni. “Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Membuat Jaringan Lokal (LAN) Menggunakan Model Problem Based Learning di SMK 1 Sedayu.” (Skripsi,Universitas Negeri Yogyakarta, 2013).

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuliatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Suharto dkk. Kamus Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Indah, 1996).

Sujarweni, Wiratna. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

Sukadi. Public Speking Bagi Pemula. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2004.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Suyanto. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga, 2013.

Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

www.fai.unipdu.ac.id.

www.unipdu.ac.id.

Yamin, Martinis. Kiat Membelajarkan Siswa, Saiful Ibad. Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

__________

Diindeks oleh:

                           

__________

Jurnal Pendidikan Islam dilisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License:

__________

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu). Kompleks PP Darul Ulum Peterongan Jombang Jawa Timur Indonesia 61481. Telepon +62 0321-873655. Fax +62 0321-876771. Email: fai@unipdu.ac.id.