Pengaruh Pemahaman PAI Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang

Penulis

  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Ismiatul Faizah AHE Les Membaca Jombang

Kata Kunci:

pemahaman pendidikan agama Islam, perilaku sosial.

Abstrak

Pada zaman yang modern saat ini yang sedang dirasakan negara kita saat ini mengakibatkan banyaknya terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak, remaja, bahkan orangtua. Perilaku siswa saat ini perlu mendapatkan perhatian karena banyak hal yang sudah tidak sesuai dengan Pendidikan Agama Islam yang diajarkan didalam lingkunghan keluarga maupun di sekolah, hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman Pendidikan Agama Islam oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman Pendidikan Agama Islam,bagaimana perilaku sosial siswa dan pengaruh pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian yaitu pemahaman Pendidikan Agama Islam 56% tergolong cukup baik, perilaku sosial siswa 57% tergolong cukup baik. diperoleh rhitung= 0,691 dengan taraf kepercayaannya 95%, N=63, maka rtabel=0,254. Ternyata rhitung  rtabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai 0,691 termasuk dalam kategori tingkat hubungan yang kuat. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial siswa di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.

Referensi

Ali, Maulana Muhammad. Islamologis: Dinul Islam. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah, 2001.

Ali, Muhammad, dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2010.

Anwar, Rosihan, dkk. Pengantar Studi Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Darajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Darajat, Zakiyah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 1992.

Departeman Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Gerungan. Psikologi Sosial. Bandung : PT Refika Aditama, 2009.

Hanifah, Nurjanah. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Keagamaan Anak pada Program Paket C di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jateng,” (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013).

Mashari, Fauziah, dan Anna Qomariana. “Prespektif Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Karakter Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Islam,” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Musfiqon, M. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Nasihuddin, M. “Pola Pendidikan Karakter Dengan Konsep Spiritualisasi Pendidikan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tempurrejo Ngawi,” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).

Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press, 2010.

Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 2003.

Nata, Abudin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2004.

Panuju, Panut, dan Ida Umami, Psikologi Remaja. Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya, 1999.

Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1984.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Sarumpaet. Etiket Bergaul. Bandung : Indonesia Publishing House, 2002.

Sudijino, Anas. Pengantar Statistic Pendidikan. Jakarta:CV. Rajawali, 2014.

Sudijowo, Anas. Pengantar Statistic Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta, 2011.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Tualeka, Hamzah, dkk. Akhlak Tasawuf. Surabaya: IAIN SA Press, 2012.

Ubhiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam Cet.1. Bandung, Pustaka Setia, 1997.

Undang- Undang RI No. 20, Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: BP Dharma Bakti, 2003).

Walgito, Bimo. Teori-teori Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel