Pengaruh Kegiatan Kepramukaan Terhadap Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandung Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2016-2017

Penulis

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Sendi Praditasari Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Kata Kunci:

pengaruh, kegiatan kepramukaan, disiplin siswa.

Abstrak

Setiap warga negara Indonesia yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun berhak ikut serta sebagai peserta didik dalam pendidikan kepramukaan. Salah satu tujuan pramuka adalah mengajarkan kepada siswanya untuk menjadi manusia yang berdisiplin. Penelitian ini bertujuan mengetahuikegiatan kepramukaan, disiplin siswa dan pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap disiplin siswa di MTs Darul Ulum Bandung Diwek Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan regresi linier sederhana, sampel penelitian 37 responden. Prosentase kegiatan kepramukaan 89,8%. Disiplin siswa 90,3%. Hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung sebesar 0,964 dengan nilai sig. (p.value) sebesar 0,333. Karena nilai sig.(p.value) > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Atau dengan kata lain 0,333 > 0,005, maka keputusan yang dambil tidak terdapat pengaruh antara kegiatan kepramukaan terhadap disiplin siswa di MTs Darul Ulum Bandung Diwek Jombang tahun Pelajaran 2016/2017.

Referensi

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2010.

Rochim, Abdul, dan Soejitno Irmim, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional. t.tp: Batavia Press: 2014.

Redaksi Penerbit Asa Mandiri. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Asa Mandiri, 2006.

Hidayat, Aziz Aimul. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, 2009.

Sugiono. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.

Siregar, Syofian. Statistik Parametis Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Furqon, Zainul. Buku Pintar Pramuka. Tk: Duta Prestasi, 2016.

Kwartir Nasional-Gerakan Pramuka. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Naisonal Gerakan Pramuka, 2011.

Rahman, Masykur Arif. Kesalahan-Kesalahan Guru Mengajar. Jogjakarta: Laksana, 2013.

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Yudhawati, Ratna, dan Dany Haryanto, Teori-Teori Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Nurcahyani, Dwi, dan Suspa Hariati. “Pengaruh Manajemen Reward Dan Punishment Terhadap Tenaga Kependidikan Di Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel