Studi Komparasi Hasil Belajar Fikih Siswa Antara Metode Mind Mapping dengan Metode Ceramah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Denanyar Jombang

Penulis

  • M. Zaimuddin Wijaya As'ad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Shindi Romahdoni SD Negeri Plandi 2 Jombang

Kata Kunci:

komparasi, hasil belajar fikih, metode mind mapping, metode ceramah.

Abstrak

Guru sebagai subjek dan pengelola dalam pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar. Kesuksesan tersebut bisa dilihat dari pemahaman dan penguasaan materi yang diajarkan. Untuk mendukung kesuksesan tersebut, seorang guru harus memiliki metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kecenderungan anak didik sehingga mempermudah pemahaman mereka. Metode mind mapping adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk membatu mempermudah pemahaman dan daya ingat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pembelajaran menggunakan metode mind mapping, metode cermah dan bagaimana perbedaan hasil dua metode tersebut. Peneltian ini menggunakan metode pegumpulan data dengan cara dokumentasi dan memberikan soal tes pada kelas kotrol VII K dan kelas eksperimen VII I, sedangkan untuk menganalisi data peneliti menggunakan uji t dengan cara manual. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yakni 1,388 < 2,002 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima.

Referensi

Alamsyah, Maurizal. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar, 2009.

Ali, H. Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglensindo, 2004.

Anas, Muhammad. Mengenal Metode Pembelajaran. Tk: tp., t.th.

Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bakry, Nazar. Fiqh dan Ushul Fiqh. Jakarta: Rajawali, 1993.

Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

De Porter, Bobbi, dan Mike Hernacki. Quantum Learning Unleashing The Genius In You. Bandung: Kaifa, 2001.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Slingers Nourie. Quantum Teaching Orchetrating Student Succe. Bandung: Kaifa, 2001.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani, Ragama Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Tk: Kata pena, 2015.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Marno, dan M. Idris. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar Menciptakan Ketrampilan Mengajar yang Efektif &Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Muhid, Abdul. Analisi Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik Dengan SPSS for Windows. Sidoarjo: Zifatama, 2012.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Rosda karya, 2005.

Nursalam, dan Ferry Efendi. Pendidikan dalam Keperawatan. Tk: Salemba Medika, t.th.

Purwanto, Muhammad Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2008.

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Syarifuddin, Amir. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2014.

Uno, Hamzah B. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Windura, Sutanto. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia, 2009.

Wycoff, Joyce. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa, 2004.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel