PENERAPAN SOFTSKILL SISWA-SISWI EEC (EFFECTIVE ENGLISH COURSE) JOMBANG SEBAGAI SALAH SATU WUJUD ENTREPENEURSHIP BERKARAKTER

Main Article Content

Endang Suciati
Binti Qani’ah

Abstract

ABSTRAK

Effective English Course (EEC) adalah salah satu lembaga kursus bahasa Inggris terkemuka atau Leading English Course di Jombang yang dalam pelaksanaan pembelajaran bahasanya menekankan banyak unsur karakter terhadap peserta didiknya. Misalnya dalam berkomunikasi baik di dalam maupun di luar kelas siswa tidak diperkenankan menggunakan kata-kata yang tidak sopan ke setiap orang di lingkungan tempat kursus tersebut. Dengan kata lain lembaga ini telah menerapkan unsur softskill selain hardskill yang berupa kemampuan di bidang bahasa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis softskill yang diterapkan serta dalam kegiatan apa saja softskill tersebut dibutuhkan. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dengan survei melalui wawancara dan observasi di dalam maupun di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EEC benar-benar menerapkan unsur disiplin, tanggung jawab, kesopanan, kejujuran dan kepercayaan diri pada siswa didiknya. Semua unsur tersebut bermuara pada aturan syari’at Islam. Selain itu EEC sangat menjunjung tinggi toleransi sehingga siswa EEC yang non Islampun    tetap bisa menikmati pendidikan di sana.

Kata kunci: softskill, entrepreneurship, lembaga kursus, penerapan

 

ABSTRACT

Effective English Course (EEC) is one of the Leading English Courses in Jombang that emphasizes the implementation of many elements of characters in its language learning to their students. For example, in communicating both inside and outside the classroom, the students are not allowed to use impolite words to everyone in the course area. In other words, this institution has implemented both the elements soft skill than hardskill in its language learning. This study aims at determining the types of soft skills and its aplication in any activities that need this elements. The method used is qualitative descriptive. The data are collected by survey through interview and observation inside and outside the classroom. The result of the study showed that  EEC has been implementing the elements of discipline, responsibility, politeness, honesty and confidence in the students' activity. All those elements lead to the rules of Islamic law. Besides, it concerns to tolerance so that non-Islamic students can be able to study English there.

Key words: soft skill, entrepreneurship, course institution,  application

Article Details

Section
Prosiding Pendidikan
Author Biographies

Endang Suciati, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum)

Prodi Bahasa dan Sastra Inggris

Binti Qani’ah, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum)

Fakultas Bahasa dan Sastra Unipdu