PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MERANCANG PROSPEK USAHA (STUDI KASUS ALUMNI TAHUN 2011 SMK TELKOM DARUL ULUM J0MBANG)

Sumargono .

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengembangan soft skill dan hard skill dalam pembelajaran kewirausahaan  terhadap kemampuan merancang prospek usaha. Metode yang digunakan meneliti adalah analisis regresi berganda, untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh antara dua variabel atau lebih dan seberapa besar pengaruhnya. Peneliti menetapkan variabel bebas soft skill (X1) dan hard skill (X2), serta variabel terikat kemampuan merancang prospek usaha (Y). Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), data yang terkumpul dianalisis dengan regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas  X1 dan X2 dengan variabel terikat (Y). Dari populasi 295 orang, telah ditetapkan sampel sebanyak 100 orang alumni tahun 2011 SMK Telkom Darul Ulum Jombang.

Hasil penelitian didapat F hitung (7.486) > F tabel (1.39) dengan taraf segnifikansi 5%, yang berarti ada pengaruh positif antara pengembangan soft skill dan hard skill dalam pembelajaran kewirausahaan  terhadap kemampuan merancang prospek usaha. Berdasarkan hasil uji t terbukti bahwa variabel (X2) hard skill memiliki pengaruh dominan terhadap variabel (Y) kemampuan merancang prospek usaha, dengan kontribusi sebesar 0,266 atau 26.6 %. Sedangkan variabel (X1) soft skill memiliki pengaruh terhadap variabel (Y) kemampuan merancang prospek usaha sebesar 0,192 dengan kontribusi 19,2 %

 

Kata kunci : Soft Skill,  Hard Skill, Merancang Prospek Usaha

 

ABSTRACT

This study aims to determine the magnitude of the effect the development of soft skills and hard skills in teaching entrepreneurship to the ability to design a business prospect. Examine the method used is multiple regression analysis, to determine the presence or absence of influence between two or more variables and how much influence. Researcher’s soft skill set of independent variables (X1) and hard skills (X2), as well as the dependent variable ability to design business prospects (Y). Data collection using questionnaires (questionnaires), data collected were analyzed with multiple regression is used to determine the effect of independent variables X1 and X2 with the dependent variable (Y). Of the population of 295 people, has established a sample of 100 alumni of 2011 SMK Darul’Ulum Jombang Telkom.

The results obtained calculating F (7486)> F table (1:39) with a degree significance 5%, which means there is a positive influence on the development of soft skills and hard skills in teaching entrepreneurship to the ability to design a business prospect. Based on test results proved that the variable t (X2) hard skill to have a dominant influence on the variable (Y) the ability to design a business prospect, with contributions of $ 0.266 or 26.6%. While the variable (X1) has an influence on the soft skills variable (Y) the ability to design the business prospects of 0.192 with a contribution of 19.2%.

Keywords: Soft Skills, Hard Skills, Designing Business Prospects


Teks Lengkap:

PDF (English)