APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENERAPAN LOGIKA MATEMATIKA DALAM BIDANG STUDI MATEMATIKA DI KELAS X MA MAMBAUL ULUM MEGALUH JOMBANG

Luthfie Noor Fithriasari(1*),

(1) Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Luthfie Noor Fithriasari

Abstract


Abstrak

Peningkatan pemahaman dan penerapan Logika Matematika siswa, merupakan kegiatan yang terkoordinasi dengan baik antara banyak pihak yang terkait, sistematis dan berstandar pada asas kausalitas. Semuanya mengarah pada pengupayaan secara lebih hasil proses pembelajaran yang terimplementasikan secara nyata pada kemampuan dan ketrampilan siswa serta pemahaman materi pembelajaran. Pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran motivasional yang diyakini mampu meningkatkan motivasi siswa maupun prestasi belajar siswa karena pembelajaran ini berorientasi pada siswa. Penelitian ini secara prosedural menggunakan sistematika rancangan penelitian tindakan kelas. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana meningkatkan pemahaman dan penerapan Logika Matematika siswa bidang studi Matematika di MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang Tahun Pelajaran X menggunakan metode kooperatif ? (2) Apakah usaha peningkatan pemahaman dan penerapan Logika Matematika pada siswa Kelas X MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang dengan menggunakan metode kooperatif menunjukkan hasil yang memuaskan? Simpulan, bahwa dengan menggunakan metode kooperatif, guru dapat pengupayaan peningkatan pemahaman dan penerapan Logika Matematika siswa pada bidang studi Matematika di Kelas X MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang.

 

Kata kunci : Logika Matematika, Metode Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas

 

Abstract

Improved understanding and application of Mathematical Logic students, a well-coordinated activity among many stakeholders, systematic and standardized on the principle of causality. Everything leads to the pursuit of a better learning outcomes that implemented significantly in students' abilities and skills as well as understanding of the learning material. Cooperative learning is a learning approach motivational believed to increase student motivation and student achievement as learning-oriented students. This study using a procedural systematic research design class act. The problem in this study is formulated as follows: (1) How to improve the understanding and application of Mathematical Logic students' field of study Mathematics at MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang Academic Year X using the cooperative? (2) Are the efforts to increase the understanding and application of Mathematical Logic in students of Class X MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang using cooperative method showed satisfactory results? The inference, that by using the method of cooperative, teachers can the pursuit of improved understanding and application of Mathematical Logic Mathematics students on field studies in Class X MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang.

 

Keywords: Mathematical Logic, Cooperative Methods, Classroom Action Research.


Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract Abstract views : 185times
PDF views : 0 times