Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Blogger & Mathjax)

Rohmad Wahid Rhomdani

Abstract


Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Salah satunya yang terkenal yaitu blogger kini telah menjadi sumber belajar alternatif. Perkembangan blogger begitu pesat membuka peluang dan jalan baru dalam mengerjakan banyak hal, termasuk untuk mengembangkan dunia pendidikan. Peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis web menggunkan BlogMath (Blogger & MathJax) guna untuk penyajian media pembelajaran lebih interaktif dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan menurut Gall dan Brog (Jenis penelitian Expositori pengembangan product), dengan metode pengumpulan data studi literatur, interview, dan data angket. Penelitian ini melibatkan responden dari siswa, guru, dan designer. Analisis yang digunakan dalam peneletian ini adalah deskriptif kualitatif.

Kata kunci. Media Pembelajaran, Berbasis Web, Blogger, MathJax


Keywords


Media Pembelajaran Matematika; Web; Blogger; MathJax

References


Novaliendry, D. 2013. “Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO)”. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6(2):106-118

Viajayani, E. R. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1(1):144-145

Tirta, I. M. 2014. “Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014. Universitas Negeri Jember

Sukmadinata, N. S. “Metode Penelitian Pendidikan”. 2008. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Arifin, S. 2010. “Pengembangan Blog Support Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas”.Jurnal Pendidikan Matematika.Sriwijaya University. Palembang. Vol. 4(2):1-12

Rohim, W. N. 2015. “Penyajian Peta Donasi Sosial Kota Semarang Berbasis Blogger Javascript”. Jurnal Geodesi Undip April. Vol. 4(2):136-141




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.1011

Article metrics

Abstract views : 112 | views : 51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN: 2502-9878

Indexed by:

          

 

 

Creative Commons License
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.