Analisis Self Efficacy Matematik Siswa Kelas VIII SMP 7 Cimahi Dilihat dari Gender

Puji Nurfauziah(1*), Linda Faudziah(2), Siti Nuryatin(3), Indri A Mustaqimah(4),

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Puji Nurfauziah
Linda Faudziah
Siti Nuryatin
Indri A Mustaqimah

Abstract


Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui Self efficacy matematik siswa kelas VIII SMP 7 Cimahi dilihat dari gendernya. Subjek dari  penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 42 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angketself efficacy(Mastery Experience, Vicarious Experience,Verbal Persuasion, dan Physiological and Affective states), wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data angket self efficacydan wawancara, didapatkan hasil bahwa self efficacy siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan dilihat dari persentasenya. Karena siswa laki-laki lebih unggul dalam: kemampuan matematikanya, kemampuan mengolah pengalaman pada pembelajaran matematika, menjadikan role model sebagai motivator, menganalisis pendapat dari orang lain, mengontrol situasi emosinya.

Keywords


Self Efficacy Matematik; Gender

References


Bandura, A.(1997) . Self-efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.

Gallagher, A. M. (2005). Gender Differences in Mathematics. Journal of Educational Psychology Journal of Educational Measurement Journal of Experimental Child Psychology.

Jufita, D. (2013). Analisis Gender Terhadap Self Efficacy, Self Efficacy Regulated Learning, dan Prestasi Akademik Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Remaja. Bogor: Intitut Pertanian Bogor.

Minarti, E.D & Nurfauziah, P. (2016). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 3(2).

Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/self-efficacy-matematis .(13 Desember 2012).

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2012). DOKUMEN KURIKULUM 2013.

Setiadi, R. (2010). SELF-EFFICACY In Indonesian Literacy Teaching Context: A Theoretical and Empirical Perspective. Bandung: Rizqi Press

Subaidi, A. (2016). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. ∑IGMA, 1(2), 64–68.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y.E. (2014). Pengembangan Instrumen Afektif. Proceeding. Online: http://journal.unwidha.id/index.php/proceeding/article/view/419/362




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1046

Article metrics

Abstract Abstract views : 53times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

       

Flag Counter

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/