Model Antrian Pelayanan Farmasi Menggunakan Petrinet dan Aljabar Max-Plus

Dian Mustofani(1*), Ahmad afif(2),

(1) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri
(2) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri - IIK Bhakti Wiyata Kediri
(*) Corresponding Author
Dian Mustofani
Ahmad afif

Abstract


Abstrak

Pemenuhan kebutuhan pasien akan obat dan informasi serta memberikan pelayanan yang memuaskan pada pasien adalah orientasi utama dalam pelayanan kefarmasian. Menurut Keputusan Mentri Kesehatan no.129 tahun 2008, standar minimal pelayanan rumah sakit memiliki indikator waktu tunggu pelayanan farmasi untuk obat jadi  lebih kecil atau sama dengan 30 menit dan pelayanan farmasi untuk obat racik yaitu lebih kecil atau sama dengan 60 menit (Kemenkes. 2008). Dalam tulisan ini petri net dibangun untuk menentukan lamanya kedatangan pasien saat yang ke-k, lamanya pasien melakukan antrian saat yang ke-k, dan lamanya kedatangan pasien meninggalkan pelayanan saat yang ke-k.

Keywords


Petrinet; Model Antrian Pelayanan Farmasi

References


Adzkiya, Dieky, 2009, Membangun Model Petri Net Lampu Lalu Lintas dan Simulasinya, Tesis Magister Matematika, Istitut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Febriawati H. 2013. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Gosyen: Yogyakarta.

Mustofani, Dian. 2013. Model Antrian Nasabah Bank dengan Menggunakan Petrinet. Makalah Tugas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Robiati, Puji. 2015. Analisis Sistem Antrian Seri Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Optimalisasinya. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Rusdiana, Nita., dkk. 2015. Kualitas Pelayanan Farmasi Berdasarkan Waktu Penyelesaian Resep di Rumah Sakit. Jurnal Pharmaciana Vol 5.

Subiono, 2015, Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya, Buku Ajar Kuliah Pilihan Pascasarjana, Institut Sepuluh Nopember, Surabaya.

Sujoko, A. 2015. Pengembangan Model Antrian Pelayanan Obat Pasien Non Racikan di Depo 1 Unit Rawat Jalan Instalasi Farmasi RS Islam Jemursari. Skripsi. Universitas Airlangga: Surabaya.

Sujoko, Aris., Chalid, Djazuly. 2015. Analisis Antrian Pelayanan Obat Non Racikan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol 3.




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1055

Article metrics

Abstract Abstract views : 82times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

       

Flag Counter

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/