Pemetaan Pembangunan Sekolah di Kapuas Hulu Menggunakan Metode Multidimensional Scaling

Shantika Martha

Abstract


Pemetaan pembangunan sekolah diperlukan untuk melihat ketersediaan sarana pendidikan di suatu daerah. Di daerah perbatasan biasanya terjadi ketimpangan antara jumlah sarana pendidikan yang ada. Kapuas Hulu adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara Sarawak Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap pembangunan sekolah antar kecamatan di kabupaten Kapuas Hulu menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Berdasarkan hasil pemetaan, diperoleh empat kelompok daerah yang memiliki pola kedekatan yang sama antar kecamatan dengan nilai Stress sebesar 0.05821 dan R2 0.98917. 


Keywords


pengelompokan; jarak Euclid; Stress

References


Hair, J. F. J. (1995). Multivariate Data Analysis with Readings (4th edition). Madison: Pearson Prentice-Hall.

Herman, R. (2010). Penerapan Model Multidimensional Scaling Dalam Pemetaan Brand Positioning Internet Service Provider. Journal The Winners, 11(1), 81–93. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/27047-ID-penerapan-model-multidimensional-scaling-dalam-pemetaan-brand-positioning-intern.pdf

Moeliono, R. &. (2015). Analisis Perceptual Mapping Minimarket Menurut Persepi Konsumen Menggunakan MDS: Studi Pada Konsumen Minimarket Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. E-Proceding of Management 2(3); 3-8. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2095

Nahar, J. (2016). Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat. Jurnal Matematika Integratif, 12(1), 43–49. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=477214&val=7609&title=Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat

Santoso, S. (2014). Statistik Multivariat (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i2.1065

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN: 2502-9878

Indexed by:

          

 

 

Creative Commons License
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.