Algoritma Floyd-Warshall untuk Penentuan Rute Terpendek Model Jaringan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi

Aprilia Divi Yustita
Siska Aprilia Hardiyanti
Ika Yuniwati

Abstract


Kabupaten Banyuwangi adalah daerah tujuan wisata yang memiliki banyak objek wisata. Hal ini dikarenakan Banyuwangi memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Banyaknya objek wisata yang ada di Banyuwangi mengakibatkan semakin besarnya kebutuhan informasi rute menuju tempat wisata yang akan dikunjungi. Rute terpendek dapat mengefisienkan waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan wisatawan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pencarian jalur terpendek menuju objek wisata tertentu dari posisi awal wisatawan berada dengan menerapkan algoritma Floyd-Warshall. Algoritma Floyd Warshall adalah algoritma sederhana yang mampu membandingkan semua kemungkinan lintasan pada graph untuk semua sisi dan simpul.  Algoritma ini memiliki input matriks persegi yang merupakan representasi graf berarah berbobot model jaringan pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian diperoleh rute terpendek dari jaringan pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Kata kunci: Rute terpendek, Algoritma Floyd-Warshall, Jaringan Pariwisata


Keywords


Rute terpendek, Algoritma Floyd-Warshall, Jaringan Pariwisata

References


Ardiansyah, I., & Hakim, K. (2012). Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd di Lokasi Wisata Purbalingga ( The Design of an Application to Determine the Shortest Path of Purbalingga Tourist at Traction Using Floyd Algorithm ). JUITA, II(1), 133–143.

Hougardy, S. (2010). The Floyd-Warshall Algorithm on Graphs with Negative Cycles. Information Processing Letters, 110, 279–281.

Jayanti, N. (2014). Penggunaan Algoritma Floyd Warshall Dalam Masalah Jalur Terpendek Pada Penentuan Tata Letak Parkir. Seminar Nasional Informatika, 75–81.

Munir, R. (2010). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Ruohonen, K. (2013). Graph Theory.

Widya, F., & Andrasto, T. (2016). Penerapan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute Terpendek pada Pemodelan Jaringan Pariwisata di Kota Semarang. Jurnal Teknik Elektro, 8(1), 22–24.




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1299

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN: 2502-9878

Indexed by:

          

 

 

Creative Commons License
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.