EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA

Ciptianingsari Ayu Vitantri(1*), Tafsillatul Mufida Asriningsih(2),

(1) Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
(2) Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
(*) Corresponding Author
Ciptianingsari Ayu Vitantri
Tafsillatul Mufida Asriningsih

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  keefektifan  penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi calon guru matematika. Kompetensi yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa peserta PPL I (B) yang berjumlah 7 orang di Program studi Pendidikan Matematika Universitas  Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, mahasiswa diberi tugas menyusun RPP dan kelengkapannya serta diukur  unjuk kerjanya dalam mempraktikan rancangan pembelajaran  tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa  sebagai calon guru matematika dalam menyusun RPP serta mempraktikan pembelajarannya meningkat.


Keywords


Efektivitas; Lesson Study; Kompetensi Calon Guru

References


Aryulina, D. (2010). Penerapan Lesson Study pada Microteaching bagi Calon Guru Biologi. Forum Kependidikan, Vol. 30, Nomor 1: 14-19.

Fernandez, M. L. (2005). Exploring “Lesson Study” in Teacher Preparation. Dalam Chick, H. L. & Vincent, J. L. (Eds.): Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2: 305-312. Melbourne: PME. (Online). (http:////www.emis.de/proceedings/PME29/P, diakses 20 Pebruari 2015).

Hartanti, P. (2007). Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Statistika Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Jember. Makalah disajikan dalam KGI 2007, Jakarta, 27-28 Nopember 2007.

Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

Lewis, C. (2000). Lesson Study: The Core of Japanese Profesional Development. Education Departemn of Mills College, Oakland, CA, (Online), (http://lessonresearch.net, diakses 20 Pebruari 2015).

Marzano, R. J. (2006). A Theory-Base Meta-Analysis of Research on Instruction, (Online), (http://www.mcrel.org, diakses 14 November 2015).

Rock, T. C. (2005). Improving Teaching through Lesson Study. Teacher Education Quarterly, (Online), (http://findarticles.com, diakses 20 Pebruari 2015).

Santyasa, W. I. (2009). Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar di Universitas Pendidikan Ganesha.

Sa'dijah. (2010). Penerapan Lesson Study dan Pemberian Pengalaman Langsung di Sekolah pada Mahasiswa Peserta “Teaching Senior High School Mathematics In English”. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4: Peran Lesson Study Dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidik dan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional Development), 42-49.

Vitantri, C. A. (2014). Penerapan Lesson Study pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mata Kuliah Advanced Calculus. Jurnal Gamatika, V (1), 8-18.




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.505

Article metrics

Abstract Abstract views : 592times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 480 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

       

Flag Counter

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/