PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG

Nanik Sri Kusumiati(1*),

(1) SMA Negeri 1 Jombang
(*) Corresponding Author
Nanik Sri Kusumiati

Abstract


Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilaksanakan dalam  dua  siklus.  Dalam  penelitian  ini,  diterapkan  pembelajaran matematika  melalui  peta  konsep  dengan  model  pembelajaran kooperatif  tipe  Jigsaw.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa.  Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada
siklus  I  sebesar  55,56%  meningkat  menjadi  87,50%  pada  siklus  II, sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  71,48 menjadi  78,89  pada  Siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan temuan-temuan  pada  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Peta Konsep; Kooperatif,; Jigsaw

References


Anita, L. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asan, A. (2007). Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society, 10 (1), 186-195.

Djamarah, S. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadhilah, I. A. N. (2010). Penerapan Metode Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Topik Persamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII MTsN Jogoroto Tahun 2009/2010. Jombang: STKIP PGRI

Jombang.

Ibrahim, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurman. (2009). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. http://nurmanspd.wordpress.com/2009/09/06/model-pembelajarancooperative-learning-tipe-jigsaw/ [17-11-2010].

Perkins, D.V. & Saris, R.N. (2001). „A “jigsaw classroom” technique for undergraduate statistics courses‟, Teaching of Psychology, 28, 111–113.

Ratumanan, T. G. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Solihatin, Etin & Raharjo. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Vanides, J. (2005). Using Concept Maps in the Science Classroom. Jurnal National Science Teacher Association (NSTA), 28 (8), 27-31.




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.511

Article metrics

Abstract Abstract views : 264times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

       

Flag Counter

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/