Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri Dengan Pendekatan Logika Fuzzy

Niska Shofia(1*), Lilia Sinta W(2), Putri Kusuma A(3),

(1) Prodi Informatika, Fakultas Teknik-UN PGRI Kediri
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Niska Shofia
Lilia Sinta W
Putri Kusuma A

Abstract


Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang hukum, Mahkamah Agung RI memerintahkan seluruh Lembaga Peradilan untuk menyediakan fasilitas meja informasi (information desk). Penelitian ini dilakukan di lembaga peradilan yaitu di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan para pihak pencari keadilan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas Meja Informasi Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Analisis tingkat kepuasannya menggunakan pendekatan metode fuzzy servqual (Service Quality) yang dibantu menggunakan aplikasi MATLAB. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata penilaian masyarakat terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri adalah baik, artinya pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan masyarakat.


Keywords


Kepuasan; Logika Fuzzy; SERVQUAL

References


Brysland, A., & Curry, A. (2001). Service improvement in public service using SERVQUAL. Managing Service Quality: An International Journal, 11(6), 389–401.

Harto, B. (2015). Analisis tingkat kepuasan pelanggan dengan pendekatan fuzzy servqual dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan (studi kasus di bengkel resmi bajaj padang). Jurnal TeknoIf, 3(1), 20–30.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajenen pemasaran jilid satu. Jakarta: Indeks.

Laporan Tahunan Pengadilan Agama Kab.Kediri Tahun 2015. (2015).

Naba, A. (2009). Belajar cepat fuzzy logic menggunakan matlab. Yogyakarta: Andi.

Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (1985). Conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surat Keputusan Badan Peradilan Agama, Pub. L. No. 0017/D.jA/SK/VII/2011, Badan Peradilan Agama (Badilag) (2011). Jakarta. Retrieved from http://badilag.net/suratkeputusan




DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.893

Article metrics

Abstract Abstract views : 429times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

       

Flag Counter

Creative Commons License
Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by JMPM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/