Aplikasi pembayaran administrasi santri terintegrasi SMS gateway

Rizki Wahyudi
Krisna Rhinaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengolahan data administrasi santri yang terintegrasi SMS gateway. Pengolahan data dalam proses pembayaran administrasi santri masih dilakukan secara konvensional. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah terjadi redundansi data yang terdapat pada laporan pembayaran, kesulitan mencari arsip pembayaran yang sudah dilakukan santri. Agar aplikasi dapat dikembangkan dan terukur, maka digunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Pengujian dilakukan dengan dua pendekatan alpha testing dan beta testing. Alpha testing merupakan pengujian yang dilakukan di sisi pengembang untuk menguji fungsional sistem menggunakan metode Black box, hasil pengujian alpha testing memperlihatkan bahwa semua fungsional sistem berfungsi dengan baik, dan beta testing dilakukan menggunakan metode kuesioner untuk menguji sistem pada pengguna akhir berkaitan dengan kelayakan aplikasi. Hasil pengujian beta testing didapat prosentasi 95,5% pengguna setuju sistem telah layak di implementasikan.

 

 



This research aims to build an application to proceed administrative data of santri whis is  integrated with SMS gateway service, This study aims to make the application of administrative data processing santri integrated SMS gateway, Data processing in the payment process of the santri administration is still done conventionally. It caused some problems such as redundancy of data contained in the payment report, the difficulty of looking for payment archives that have been done santri, can be developed with measurable, then used Waterfall model system development method with the stages of analysis, design, coding, testing. Testing is done with two approaches of Alpha Testing and Beta Testing. Alpha Testing is a test done on the developer side to test the functional system using Black Box method, Alpha Testing result of all functional system works properly, and Beta Testing is done using questionnaire method to test the system on the end user related to application feasibility, 95.5% of users agree the system is feasible to implement.


Keywords


administrasi santri; aplikasi pembayaran; SMS gateway; Waterfall; Keywords: aplication; payment; santri administrative

Full Text:

PDF

References


Alshamrani, A., & Bahattab, A. (2015). A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model. IJCSI (International Journal of Computer Science), 12(1), 106-111.

Bhasin, H., Khanna, E., & SudhaSudha. (2014). Black Box Testing based on Requirement Analysis and Design Specifications. International Journal of Computer Applications, 87(18), 36-40.

Kannan, V., Jhajharia, S., & Verma, S. (2014). Agile vs waterfall: A Comparative Analysis. International Journal of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR), 3(10), 2680-2686.

Mohd, C. K., & Shahbodin, F. (2015). Personalized Learning Environment: Alpha Testing, Beta Testing & User Acceptance Test. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 837-843.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) (7 ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Rudiyanto, A. R. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Santri Berbasis Web Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang. Jurnal Mahasiswa, 1(1).

Saleh, T. (2017). Sistem informasi administrasi keuangan MA Ibrahimy Secang Kalipuro Banyuwangi. AiTech, 3(1), 51-58.

Saxena, A., & Upadhyay, P. (2016). Waterfall vs. Prototype: Comparative Study of SDLC. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 2(6), 1012-1015.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Taddia, C., & Mazzini, G. (2015). Architectures for an efficient SMS Gateway service. Software, Telecommunications and Computer Networks (SoftCOM) (pp. 254-258). Split: IEEE.

Wahyudi, R., & Aristantia, A. D. (2017). Aplikasi pengolahan data pelanggaran siswa pada SMK Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga terintegrasi dengan SMS. Telematika, 10(2), 62-76.

Wahyudi, R., Utami, E., & Arief, M. R. (2016). Sistem pakar e-tourism pada Dinas Pariwisata D.I.Y menggunakan metode Forward Chaining. Jurnal DASI, 17(2), 67-75.

Widya, M. A., Agustiawan, Y., Fibrian, I. D., & Muttaqin, Z. (2016). Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Teknologi Informasi: Rancang Bangun Sistem Informasi di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 51-59.




DOI: https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1146

Article metrics

Abstract views : 57 | views : 44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed in:

                                   


 

Creative Commons License
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.