Sistem Informasi Absensi Haul Berbasis Web di Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya

Erliyah Nurul Jannah
Agus Zainal Arifin

Abstract


Teknologi informasi saat ini telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua instansi, baik pemerintah maupun swasta. Tak terkecuali pondok pesantren, khususnya Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya. Berbagai permasalahan di pondok pesantren membutuhkan bantuan teknologi informasi dalam penyelesaiannya. Salah satunya adalah permasalahan pencatatan kehadiran peserta dalam suatu acara tertentu seperti acara Haul. Haul merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Acara Haul di PP. Muhyiddin mendatangkan lebih dari seribu peserta yang merupakan penghafal Quran. Panitia Haul harus mengabsen peserta satu persatu serta menempatkannya ke majelis-majelis berdasarkan urutan kedatangan dan kota asal. Sistem informasi absensi yang ada masih berbasis desktop dan hanya mampu digunakan untuk mengabsen peserta saja. Sistem tersebut belum mampu melakukan pembagian majelis peserta secara otomatis. Padahal proses pembagian majelis inilah yang menyebabkan proses absensi memakan waktu lama. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah Sistem Informasi Absensi Haul yang berbasis web. Sistem ini diharapkan mampu untuk membuat proses absensi pada acara Haul menjadi lebih efisien. Dari hasil pengujian sistem yang telah dilakukan, dalam satu menit sistem dapat digunakan untuk mengabsen sepuluh peserta, membagi peserta tersebut ke majelis-majelis, dan mencetak kartu peserta Haul.


References


Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2004). Sistem Informasi Akuntansi. (A. A. Jusuf, & R. M. Tambunan, Penerj.) Jakarta: Salemba Empat.

Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Print. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , 4(4), 1-5.

Santoso, L. W., Setiawan, A., & Purwanto, W. (2010). Pembuatan Sistem Informasi Presensi Pada Universitas Kristen Petra. Seminar Nasional Teknologi Informasi, (halaman. 1-8).

Subair, M. (2010). Perancangan Sistem Informasi Presensi Berbasis Sidik Jari Kehadiran Mahasiswa STMIK AMIKOM. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Suprihatin, & Nurhantara, A. (2011). Sistem Informasi Presensi Menggunakan Sidik Jari (Study Kasus Presensi Perkuliahan Program Studi Sistem Informasi FMIPA UAD). JUSI, 1(2), 137-150.




DOI: https://doi.org/10.26594/register.v1i1.405

Article metrics

Abstract views : 951 | views : 650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed in:

                                   


 

Creative Commons License
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.