A Case Study of qs.Al-ikhlas and qs.Al-bayyinah Tafseer Delivered by Nouman Ali Khan (A Pragmatics Approach)

Authors

  • Ayu Nur Azizah Sekolah Menengah Pertama Sains Tebuireng
  • Irta Fitriana Universitas Pesantren Tinggi Darul U'lum

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v10i1.1501

Abstract

Ayu Nur Azizah

Sekolah Menengah Pertama Sains Tebuireng

nurazizah.ayu27@gmail.com

 

Irta Fitriana

Universitas of Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

irtafitriana@fbs.unipdu.ac.id

 

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi ilmu requests strategy  pada Quran tafsir yang disampaikan oleh Nouman Ali Khan pada surah Al-Ihklas dan Al-Bayyinah menggunakan teori Blum-Kulka. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan pragmatik untuk menganalisis tipe dan pengaplikasian  strategi-strategi request. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengidentifikasi tipe request yang digunakan oleh Nouman Ali Khan pada pembelajaran Qur’an Tafsir Al-Ikhlas dan Al-Bayyinah dan (2) untuk menjelaskn pengaplikasian request yang disampaikan oleh Nouman Ali Khan dalam pembelajaran Qur’an Tafsir Al-Ikhlas dan Al-Bayyinah. Metode penelitian kualitatif dengan data berupa ujaran yang didapat dalam transkrip video pembelajaran Qur’an Tafsir Al-Ikhlas dan Al-Bayyinah.

Hasil dari penelitian ini menjabarkan dua poin. Pertama, ditemukan tujuh tipe request yang diaplikasikan. Tipe yang ditemukan yakni;  (1)Suggestory Formulae 29%, (2) Obligation Statement 21%, (3) Query Preparatory 19%, (4)Strong Hint 13%, (5) Performatives 10%, (6) Mild Hint 6% dan (7) Want Statement. Tipe yang paling sering digunakan adalah Suggestory Formulae dan yang paling sedikit muncul adalah Want Statement. Kedua, setiap request yang digunakan dalam ujaran selalu memiliki kata kunci unsur yang membedakan tipe-tipe request. Ada dua factor yang mempengaruhi pengaplikasian requests yaitu kasus dan fungsi. Suatu kasus mempengaruhi pembicara dalam mengujarkan request yang didasarkan oleh konteks pembelajaran yang sedang dibahas. Sementara fungsi mempengaruhi tipe request yang diujarkan oleh Nouman Ali Khan yang bertujuan untuk menyampaikan tujuan  isi surah. Kesimpulannya, penelitian ini bermanfaat bagi pembelajaran serta pengaplikasian request strategi.

 Kata kunci: pragmatic, tipe request, quran tafsir

 

ABSTRACT

This is a study of requests strategies delivered by Nouman Ali Khan in Quran tafseer lectures of Qs.Al-Ikhlas and Qs.Al-Bayyinah using Blum-Kulka Theory. This study applied pragmatic approach to analyze the type and the application of request strategies. The aims of this study are; (1) to identify the types of request that are used by Nouman Ali Khan lectures entitled "Qur’an Tafseer of Qs. Al Ikhlas"and " Qur’an Tafseer of Qs. Al Bayyinah" and (2) to explain the application of request used by Nouman Ali Khan lectures entitled "Qur’an Tafseer of Qs. Al Ikhlas"and" Qur’an Tafseer of Qs. Al Bayyinah". This research employed descriptive qualitative method. The data of this study were the utterances taken from the transcript of Quran tafseer lectures of Qs.Al-Ikhlas and Qs.Al-Bayyinah uttered by Nouman Ali Khan. There were 48 data found by the researcher.

            The result of this research showed two points. First, seven types of requests appeared. They were (1)Suggestory Formulae 29%, (2) Obligation Statement 21%, (3) Query Preparatory 19%, (4)Strong Hint 13%, (5) Performatives 10%, (6) Mild Hint 6% and (7) Want Statement. The type commonly used was Suggestory Formulae then the least was Want Statement 2%. Second, there found that each request uttered by the speaker always has signal words. The signal differentiates each requests base on the types. There are also two factors that influence the application of requests. Those are case and signal.  The case influenced the speaker to utter the requests based on the context of lectures. While function influenced the requests types spoken by Nouman Ali in order to convey his intention. Finally, this research is advantageous for learning and applying requests strategies.

 Keywords: Pragmatics, types of requests, quran tafseer


 

Downloads

Published

2018-09-20

Issue

Section

Articles