Strategi Pendefinisian Makna dalam Karya Sastra Bergenre Fiksi Ilmiah InterWorld dan Terjemahannya

Authors

  • Rizkana Aprieska Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v13i1.2416

Keywords:

language, translation, literature

Abstract

Fokus penelitian ini adalah melihat strategi pendefinisian makna pada kata, istilah, maupun konsep baru kreasi pengarang dalam karya sastra fiksi ilmiah dan bagaimana penerjemah menerjemahkannya. Beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah 1) memaparkan strategi pendefinisian makna kata, istilah, atau konsep yang digunakan penulis dalam novel InterWorld dan 2) memaparkan strategi pendefinisian makna yang digunakan penerjemah pada terjemahan novel Interworld. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah novel InterWorld dalam bahasa Inggris dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan metode simak catat. Hasil penelitian ini memperlihatkan 1) strategi yang digunakan oleh penulis adalah strategi genus dan diferensiasi serta strategi berdasarkan konteks atau contoh khusus, dan 2) tidak ada perubahan ataupun penambahan kata yang dilakukan penerjemah untuk membantu memperjelas makna kata dan istilah yang dibuat penulis.

Kata kunci: semantik, strategi pendefinisian makna, fiksi ilmiah, penerjemahan fiksi ilmiah

Author Biography

Rizkana Aprieska, Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Linguistik, Penerjemahan

References

Baker, M. (2009). In other words, ed. ke-2. Routledge.

Beshero-Bondar. (2020, November 13). What is Science Fiction? https://pitt.libguides.com/scifi

Gaiman, N. & Reaves, M. (2007). Interworld. HarperCollins Publisher Ltd.

Gaiman, N. & Reaves, M. (2010). Interworld (T. Lesmana, Penerjemah). Gramedia Pustaka Utama (karya asli diterbitkan pada 2007).

Goddard, C. & Wierzbicka, A. (2014). Words and Meanings: Lexical Semantics across Domains, Languages, and Cultures. Oxford University Press.

Riemer, N. (2010). Introducing Semantics. Cambridge University Press.

Sterling, B. (2020, November 12). Science fiction. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/art/science-fiction

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles