Variasi Bahasa pada Masyarakat Tutur Kota Jakarta Selatan

Authors

  • Nada Hanifah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Akifah Humaira Salsabila Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nur yani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v14i2.2885

Keywords:

Variasi Bahasa, Jakarta, Variasi Kesopanan

Abstract

DKI Jakarta merupakan daerah ibukota negara Indonesia yang terkenal dengan arus transmigrasinya yang besar. Oleh karena iu, banyak budaya dan bahasa yang mengisi daerah ini. Dengan melakukan penelitian di Jakarta Selatan, peneliti berhasil meneliti variasi bahasa Indonesia di kota tersebut. Ditemukan bahwa variasi tingkat tutur bahasa Indonesia klasifikasi kesopanan di Jakarta Selatan ditandai dengan pemilihan diksi kata ganti orang. Kata ganti Saya-Anda lumrah digunakan sebagai variasi sopan yang diterapkan di lingkup pekerjaan dan akademik; kata ganti Aku-Kamu lumrah digunakan sebagai variasi biasa yang diterapkan di lingkup keluarga atau percintaan; sedangkan kata ganti Lu-Gua lumrah digunakan sebagai variasi kasar yang diterapkan di lingkup pertemanan akrab. Selain itu, tidak ditemukan pembedaan diksi yang menentukan tingkat tutur seseorang dalam hal kesopanan pada variasi bahasa Indonesia di Jakarta Selatan.

References

Abdul Chaer, dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Adhi Kusumastuti, dan Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Amtai Alaslan. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Arip Hidayat. 2014. “Variasi Bahasa Berdasarkan Jenis Kelamin Di Desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.” Fon 5 (2).

“Data Bahasa Di Indonesia.” t.t. Bahasa Dan Peta Bahasa Di Indonesia. Diakses 10 Januari 2023. https://petabahasa.kemdikbud.go.id/databahasa.php.

“Jakarta Selatan.” 2022. Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta. 1 September 2022. https://statistik.jakarta.go.id/jakarta-selatan/.

Made Iwan Indrawan Jendra. 2012. Sociolinguistics: The Study of Societies’ Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuryani, Siti Isnainah, dan Ixsir Eliya. 2021. Sosiolonguistik Dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural: Teori Dan Praktik Penelitan. Bogor: In Media.

Paul Ohoiwutun. 1997. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa Dalam Konteks Masyarakat Dan Kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Usnia Wati, Syasul Rijal, dan Irma Surayya Hanum. 2020. “Variasi Bahasa Pada Mahasiswa Perantau Di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman: Kajian Sosiolinguistik.” Ilmu Budaya 4 (1): 21–37.

Downloads

Published

2023-04-15

Issue

Section

Articles