Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas V MIN 1 Sleman
DOI:
https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i1.2990Keywords:
peningkatan menulis, naratif, buku harianAbstract
Terdapat empat kemampuan dalam berbahasa yaitu menyimak, bertutur, memlisankan, dan mengarang. Pada penelitian ini penulis mengambil kemampuan menulis. Karena merupakan salah satu yang dapat mempengaaruhi pikiran untuk ketingkat yang lebih tinggi yaitu memecahkan masalah. Menulis tidak dapat terbentuk secara otomatis melainkan perlu adanya proses. Proses dalam meningkatakan keterampilan menulis narasi salah satunya dengan menulis karangan narasi. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi penulis mengambil dari salah satu kegiatan menulis buku harian. Dalam meneliti kegiatan itu penulis menggubakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat fase yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (observasi), dan reflect (refleksi). Berdasarkan analisis data dan penilaian tentang siswa yang tidak memiliki buku harian dengan siswa yang memiliki buku harian terhadap kemampuan keterampilan menulis menyatakan bahwa kegiatan menulis narasi dengan metode penggunaan buku harian memiliki nilai kepuasan klasikal sebesar 82%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa tingkaat kemampuan meulis narasi bagi siswa kelas V MIN 1 Sleman lebih tinggi yang memiliki buku harain.
Kata kunci: Peningkatan, Menulis, Narative, Buku Harian
References
Amalia, L., & Hafsi, A. R. (2019). MENULIS BUKU HARIAN SEBAGAI TERAPI KOMUNIKASI KARAKTERISTIK INTOVERT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16380
Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400
Dr. H. ABDUL MANAB, M. A. (2014). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif: Vol. (197707242003121006 Kutbuddin Aibak, Ed.; 1; Nomor 1). Kalimedia. http://repo.uinsatu.ac.id/4919/
Eliyanti, M. (2016). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179
Fajariah, S., Halidjah, S., & Tampubolon, B. (2014). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE LATIHAN BANTUAN GAMBAR BERSERI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3), Article 3. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5011
Hagi, N. A., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning pada Muatan Matematika Kelas V SDN Salatiga 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 53–59.
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2.
Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v6i1.22940
Mania, S. (2008). TEKNIK NON TES: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4
Maliasih, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan (JPK 3). Vol. 2 tahun 2017: 222-226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), Article 2.
Saitya, I. (2022). PENTINGNYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), Article 1.
Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.
Yarmi, G. (2017). PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who submit a manuscript to this journal and accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to the authors of the article.
- Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage and transmission of databases by any forms or media, such as electronic, mechanical copies, photocopies, and recordings will be allowed by Diglossia
- Editorial Board of Diglossia tries to make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. The contents of the articles published to Diglossia are sole and exclusive responsibility of their respective authors.
- The copyright form should be filled with respect to article and be signed originally and sent scanned document file (softcopy) and the article to our email, jurnal.diglossia@fbs.unipdu.ac.id or sent it to the Editorial Office in the form of original hard copy and the article in softcopy form on Flash Disc or Compact Disc, to;Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
Prodi Sastra Inggris Fakultas Bisnis dan Bahasa
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum
Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur 61481