Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas V MIN 1 Sleman

Authors

  • Dyah Guslianawati UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Aninditya Sri Nugraheni

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i1.2990

Keywords:

peningkatan menulis, naratif, buku harian

Abstract

Terdapat empat kemampuan dalam berbahasa yaitu menyimak, bertutur, memlisankan, dan mengarang. Pada penelitian ini penulis mengambil kemampuan menulis. Karena merupakan salah satu yang dapat mempengaaruhi pikiran untuk ketingkat yang lebih tinggi yaitu memecahkan masalah. Menulis tidak dapat terbentuk secara otomatis melainkan perlu adanya proses. Proses dalam meningkatakan keterampilan menulis narasi salah satunya dengan menulis karangan narasi. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi penulis mengambil dari salah satu kegiatan menulis buku harian. Dalam meneliti kegiatan itu penulis menggubakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat fase  yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (observasi), dan reflect (refleksi). Berdasarkan analisis data dan penilaian tentang siswa yang tidak memiliki buku harian dengan siswa yang memiliki buku harian terhadap kemampuan keterampilan menulis menyatakan bahwa kegiatan menulis narasi dengan metode penggunaan buku harian memiliki nilai kepuasan klasikal sebesar 82%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa tingkaat kemampuan meulis narasi bagi siswa kelas V MIN 1 Sleman lebih tinggi yang memiliki buku harain.

Kata kunci: Peningkatan, Menulis, Narative, Buku Harian

Author Biography

Dyah Guslianawati, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Mahasiswa S1 Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

References

Amalia, L., & Hafsi, A. R. (2019). MENULIS BUKU HARIAN SEBAGAI TERAPI KOMUNIKASI KARAKTERISTIK INTOVERT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16380

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400

Dr. H. ABDUL MANAB, M. A. (2014). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif: Vol. (197707242003121006 Kutbuddin Aibak, Ed.; 1; Nomor 1). Kalimedia. http://repo.uinsatu.ac.id/4919/

Eliyanti, M. (2016). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179

Fajariah, S., Halidjah, S., & Tampubolon, B. (2014). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE LATIHAN BANTUAN GAMBAR BERSERI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3), Article 3. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5011

Hagi, N. A., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning pada Muatan Matematika Kelas V SDN Salatiga 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 53–59.

Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2.

Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v6i1.22940

Mania, S. (2008). TEKNIK NON TES: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4

Maliasih, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan (JPK 3). Vol. 2 tahun 2017: 222-226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), Article 2.

Saitya, I. (2022). PENTINGNYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), Article 1.

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.

Yarmi, G. (2017). PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Dyah Guslianawati, & Aninditya Sri Nugraheni. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas V MIN 1 Sleman. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan Dan Kesusastraan, 15(1), 103–117. https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i1.2990

Issue

Section

Articles