Kesalahan Penalaran Berbahasa Indonesia sebagai Bahasa Ketiga Penutur Venezuela
DOI:
https://doi.org/10.26594/diglossia.v14i2.3361Keywords:
Bahasa Ketiga, salah nalar, Penutur VenezuelaAbstract
Penelitian ini mengaji kesalahan penalaran berbahasa Indonesia sebagai bahasa penutur Venezwela. Objek penelitian ini berupa bahasa Indonesia sebagai B-3. Tujuan penelitian ini membahas 1) generalisasi yang terluas, 2) kerancuan analogi, 3) kekeliruan kausalitas, dan 4) kesalahan relevansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan data penelitian ini berupa kalimat dalam paragraf. Sumber data penelitian, yakni tiga penutur Venezwela. Hasil penelitian yang diperoleh, 1) penutur sering melakukan salah nalar generalisasi terlalu luas karena dalam mengungkapkan gagasan berupa data-data yang disajikan kurang lengkap dan masih terlalu umum; 2) salah nalar kerancuan analogi terjadi bila penutur menganalogikan sesuatu dengan yang lain dengan anggapan persamaan satu dari beberapa segi akan memberikan kepastian persamaan pada segi yang lain; 3) salah nalar kekeliruan kausalitas terjadi, karena penutur salah dalam menentukan sebab-akibat dari suatu peristiwa atau hasil dari suatu kejadian; dan 4) salah nalar kesalahan relevansi terjadi, karena struktur bahasa Spanyol berbeda dengan struktur bahasa Indonesia. Perbedaan struktur bahasa itu menjadi kendala bagi penutur menyampaikan gagasan dalam tulisannya.
References
Alwasilah, Chaedar Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Arifin, E. Zainal dan S. Amran Tasai. (2000). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademi Pressindo.
Anton M. Moeliono. (1989). Kembara Bahasa Kumpulan Karangan Tersebar. Jakarta: Gramedia.
Copi, Irving M. (1982). Introduction to Logic. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.
Drost, J. 2003. “Universitas: Humaniora, Sains, Etika Profesi dalam Arah Reformasi Indonesia, Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma.
Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematik Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi Tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dawud. (2008). Penalaran dalam Karya Tulis Populer Argumentatif. Universitas Negeri Malang. Volume 36, nomor I hal 41-48.
Goswami, U. (2011). Inductive and Deductive Reasoning. In U. Goswami (Ed.), The Wiley-Blackwell handbook of childhood cognitive development (p. 399–419).
Indriani, Indah Novita. (2017). Penalaran Argumentasi dalam Wacana Tulis Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Kediri. Jurnal FKIP - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hlmn 1—13.
Keraf, G. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Nusa Indah.
Kelley, David. (2014). The Art of Reasoning: An Introduction to Logic and Critical Thinking. New York and London. W. W. NORTON & COMPANY, INC
Ngalimun. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: K-Media.
Suparno dan Yunus, Muhammad. (2003). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syafi’ie, Imam. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Surajiyo, Sugeng Astanto, Sri Andiani. (2012). Dasar-dasar Logika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purnomo, Dwi. (2007). Analisis Penalaran dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangen Kabupaten Sragen. Skripsi tidak terbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tiam, Sunardji Dahri. (1988). Pengantar Filsafat Islam. Gresik: Bumi Jaya.
Verhaar, J. W. M. (2008). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who submit a manuscript to this journal and accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to the authors of the article.
- Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage and transmission of databases by any forms or media, such as electronic, mechanical copies, photocopies, and recordings will be allowed by Diglossia
- Editorial Board of Diglossia tries to make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. The contents of the articles published to Diglossia are sole and exclusive responsibility of their respective authors.
- The copyright form should be filled with respect to article and be signed originally and sent scanned document file (softcopy) and the article to our email, jurnal.diglossia@fbs.unipdu.ac.id or sent it to the Editorial Office in the form of original hard copy and the article in softcopy form on Flash Disc or Compact Disc, to;Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
Prodi Sastra Inggris Fakultas Bisnis dan Bahasa
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum
Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur 61481