Tindak Tutur pada Interaksi Penjual dan Pembeli di Warung Tradisional Desa Penglipuran

Authors

  • Anak Agung Ayu Dian Andriyani
  • Ida Ayu Putri Gita Ardiantari Universitas Mahasaraswati

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i1.4048

Abstract

Interaksi penjual dan pembeli di warung tradisional yang menjual souvenir dan kuliner Desa Penglipuran merupakan suatu fenomena kebahasaan, terjadi hampir setiap hari ketika wisatawan berkunjung ke desa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur antara penjual dengan pembeli ketika interaksi terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara merekam, menyimak dan mencatat berbagai interaksi yang terjadi di  warung tradisional. Data primer adalah dialog antara penjual terhadap wisatawan dominan yaitu, wisatawan lokal, dilakukan di 20 warung tradisional yang berada di Desa Penglipuran kabupaten Bangli dengan dasar pertimbangan warung tersebut memiliki intensitas kunjungan tinggi. Metode analisis padan pragmatik menjadi pendekatan dalam mengklasifikasikan data yang alat penentunya adalah mitra tutur. Hasil analisis dideskripsikan menggunakan kata-kata biasa agar tidak terkesan kaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang muncul adalah tindak tutur lokusi merujuk pada tuturan yang tidak mengandung makna tersirat dengan kalimat deklaratif, kalimat interogatif sedangkan tindak tutur ilokusi mengandung makna mengajak, memerintah, menyuruh dan meminta menggunakan kalimat interogatif, kalimat perintah, kalimat persuasif sedangkan tindak perlokusi memiliki daya tuturan yang mempengaruhi pembeli untuk melakukan sesuatu dominan menggunakan kalimat deklaratif, interogatif serta kalimat direktif. Pilihan tindak tutur yang tepat dengan konteks situasi yang sesuai memberikan dampak positif pada kenyamanan pengunjung, sehingga menjadikan desa wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, selain keindahan serta kebersihan Desa yang sangat menarik.

References

Andriyani, A. A. A. D., & Jayantini, I. G. A. S. R. (2021). Wabah Corona Dan Unggahan Di Instagram: Analisis Komponen Tindak Tutur. CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics, 7(1), 15-27.

Austin, J.L. 1967. How to Do Things with Words. A Galaxy Book, New York:

Efendi, M. (2017). Tindak Tutur Dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Tradisional Central Kotabumi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA.

Fitriana, I. (2009). Analisis Tindak Tutur Pada Iklan Xl bebas Di Tabloid Pulsa. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 1(1).

Hendriyati, L. (2020). Upaya masyarakat Di Desa wisata penglipuran dalam menjalankan sapta pesona. Journal Of Tourism and Economic, 3(1), 49-57.

Mulyani, 2012. Bahasa Guru’Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas’. Surakarta: UNS Press.

Oxford University.

Parker, F. 1986. Linguistics for Non- Linguists. London: Brown and Company Inc.

Saifudin, A. (2018). Konteks dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(2), 108-117.

Santika, I. D. A. D. M. (2022). Wujud Tindak Tutur Pada Interaksi Penjual Dan Pembeli Di Warung Makan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa dan Budaya, 6(2), 99-105.

Searle, Jhon R. 1969. Speech Acts, An Essay in The Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Setiaji, A. (2014). Analisis Tindak Tutur Bahasa Jawa di Pasar Sampang Kecamatan Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, PBSJ-FKIP).

Umbas, R., & Andriyani, A. A. A. D. (2022). Tindak Tutur Dalam Pidato Joko Widodo Untuk Meningkatkan Kinerja Birokrasi Dalam Melayani Masyarakat. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 13(2), 146-161.

Yule, G. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles