Tindak Tutur pada Interaksi Penjual dan Pembeli di Warung Tradisional Desa Penglipuran
DOI:
https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i1.4048Abstract
Interaksi penjual dan pembeli di warung tradisional yang menjual souvenir dan kuliner Desa Penglipuran merupakan suatu fenomena kebahasaan, terjadi hampir setiap hari ketika wisatawan berkunjung ke desa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur antara penjual dengan pembeli ketika interaksi terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara merekam, menyimak dan mencatat berbagai interaksi yang terjadi di warung tradisional. Data primer adalah dialog antara penjual terhadap wisatawan dominan yaitu, wisatawan lokal, dilakukan di 20 warung tradisional yang berada di Desa Penglipuran kabupaten Bangli dengan dasar pertimbangan warung tersebut memiliki intensitas kunjungan tinggi. Metode analisis padan pragmatik menjadi pendekatan dalam mengklasifikasikan data yang alat penentunya adalah mitra tutur. Hasil analisis dideskripsikan menggunakan kata-kata biasa agar tidak terkesan kaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang muncul adalah tindak tutur lokusi merujuk pada tuturan yang tidak mengandung makna tersirat dengan kalimat deklaratif, kalimat interogatif sedangkan tindak tutur ilokusi mengandung makna mengajak, memerintah, menyuruh dan meminta menggunakan kalimat interogatif, kalimat perintah, kalimat persuasif sedangkan tindak perlokusi memiliki daya tuturan yang mempengaruhi pembeli untuk melakukan sesuatu dominan menggunakan kalimat deklaratif, interogatif serta kalimat direktif. Pilihan tindak tutur yang tepat dengan konteks situasi yang sesuai memberikan dampak positif pada kenyamanan pengunjung, sehingga menjadikan desa wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, selain keindahan serta kebersihan Desa yang sangat menarik.
References
Andriyani, A. A. A. D., & Jayantini, I. G. A. S. R. (2021). Wabah Corona Dan Unggahan Di Instagram: Analisis Komponen Tindak Tutur. CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics, 7(1), 15-27.
Austin, J.L. 1967. How to Do Things with Words. A Galaxy Book, New York:
Efendi, M. (2017). Tindak Tutur Dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Tradisional Central Kotabumi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA.
Fitriana, I. (2009). Analisis Tindak Tutur Pada Iklan Xl bebas Di Tabloid Pulsa. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 1(1).
Hendriyati, L. (2020). Upaya masyarakat Di Desa wisata penglipuran dalam menjalankan sapta pesona. Journal Of Tourism and Economic, 3(1), 49-57.
Mulyani, 2012. Bahasa Guru’Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas’. Surakarta: UNS Press.
Oxford University.
Parker, F. 1986. Linguistics for Non- Linguists. London: Brown and Company Inc.
Saifudin, A. (2018). Konteks dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(2), 108-117.
Santika, I. D. A. D. M. (2022). Wujud Tindak Tutur Pada Interaksi Penjual Dan Pembeli Di Warung Makan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa dan Budaya, 6(2), 99-105.
Searle, Jhon R. 1969. Speech Acts, An Essay in The Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Setiaji, A. (2014). Analisis Tindak Tutur Bahasa Jawa di Pasar Sampang Kecamatan Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, PBSJ-FKIP).
Umbas, R., & Andriyani, A. A. A. D. (2022). Tindak Tutur Dalam Pidato Joko Widodo Untuk Meningkatkan Kinerja Birokrasi Dalam Melayani Masyarakat. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 13(2), 146-161.
Yule, G. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who submit a manuscript to this journal and accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to the authors of the article.
- Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage and transmission of databases by any forms or media, such as electronic, mechanical copies, photocopies, and recordings will be allowed by Diglossia
- Editorial Board of Diglossia tries to make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. The contents of the articles published to Diglossia are sole and exclusive responsibility of their respective authors.
- The copyright form should be filled with respect to article and be signed originally and sent scanned document file (softcopy) and the article to our email, jurnal.diglossia@fbs.unipdu.ac.id or sent it to the Editorial Office in the form of original hard copy and the article in softcopy form on Flash Disc or Compact Disc, to;Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
Prodi Sastra Inggris Fakultas Bisnis dan Bahasa
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum
Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur 61481