Jenama Internasional di Tengah Konflik: Wacana Kritis Mcdonald’s Indonesia dan Malaysia dalam Konflik Israel-Palestina
DOI:
https://doi.org/10.26594/diglossia.v15i2.4248Keywords:
analisis wacana kritis, boikot, israel-palestina, mcdonald’s, wacana kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi penggunaan bahasa yang terdapat dalam pernyataan resmi McDonald’s Indonesia dan Malaysia dengan tiga dimensi wacana yang terdapat dalam pernyataan resmi tersebut, yaitu dimensi tekstual (mikrostruktural), praktik wacana (mesostruktural), dan sosio-kultural (makrostruktural). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-kualitatif yang menerapkan pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, transkripsi, dan alih bahasa. Sumber data penelitian ini adalah unggahan Instagram @mcdonaldsid dan @mcdonaldsmalaysia pada tanggal 23 Oktober 2023 dan 15 Oktober 2023 yang memberikan klarifikasi mengenai dugaan kolaborasi dengan Israel. Data yang diambil berupa frasa dan kalimat yang mengandung pemanfaatan alat kebahasaan untuk membentuk wacana dan pemahaman publik dalam pernyataan resmi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Respons terhadap pernyataan McDonald’s Indonesia cenderung kritis, menyoroti ketidakjelasan dukungan terhadap Palestina dan menduga pernyataan tersebut sebagai taktik diplomasi. 2) Sebaliknya, respons terhadap pernyataan McDonald’s Malaysia lebih positif, dengan masyarakat mengapresiasi sikap tegas perusahaan dalam memisahkan tindakan operator di Israel dari kebijakan global. 3) Perbandingan kedua pernyataan menunjukkan bagaimana dua perusahaan McDonald’s mengelola isu sensitif dengan strategi komunikasi yang berbeda untuk membentuk citra dan pemahaman publik yang diinginkan.
References
bdsmovement.net. “BDS Movement.” bdsmovement.net. https://bdsmovement.net/.
Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif. Kencana.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.
———. 2015. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.
Haddad, Mohammed, and Alia Chughtai. 2023. “Israel-Palestine Conflict: A Brief History in Maps and Charts.” Aljazeera: News. https://www.aljazeera.com/news/2023/11/27/palestine-and-israel-brief-history-maps-and-charts (December 2, 2023).
Jorgensen, M. W., and Louise J. Philips. 2007. Analisis Wacana Teori Dan Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
“McDonald’s Indonesia.” 2023. @mcdonaldsid. https://www.instagram.com/p/CyvTf8ePGCk/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==.
“McDonald’s Malaysia.” 2023. @mcdonaldsmalaysia. https://www.instagram.com/p/CyaGLyCrRbm/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==.
Payuyasa, I. N. 2017. “Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Dalam Program Acara Mata Najwa Di Metro TV.” Segara Widya: 14-24. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/188 .
Samsuri, Akhmad, Widyatmike Gede Mulawarman, and Yusak Hudiyono. 2022. “Ideologi Penggunaan Istilah-Istilah Covid-19 Di Berita Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5(3): 603–18.
Suwandi, S. 2008. Serbalinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
United Nations. 1922. “Mandate of Palestine – League of Nations.” United Nations. https://www.un.org/unispal/document/auto-insert-201057/ .
Wahyuni, Titi Satri, and Zumiarti. 2021. “Analisis Wacana Kritis Pada Komunitas Indonesia Tanpa Poligami (ITAMI) Di Instagram.” JIEE: Jurnal Ilmiah Ekotrans dan Erudisi 1(2): 65–71.
Wikipedia. 2023. “McDonald’s.” Wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/McDonald%27s (December 11, 2023).
Zuhri, Achmad. 2020. “INSTAGRAM, PANDEMI DAN PERAN INFLUENCER (Analisis Wacana Kritis Pada Postingan Akun Instagram @najwashihab Dan @jrxsid).” Academic Journal of Da’wa and Communication 1(2): 351–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors who submit a manuscript to this journal and accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to the authors of the article.
- Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage and transmission of databases by any forms or media, such as electronic, mechanical copies, photocopies, and recordings will be allowed by Diglossia
- Editorial Board of Diglossia tries to make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. The contents of the articles published to Diglossia are sole and exclusive responsibility of their respective authors.
- The copyright form should be filled with respect to article and be signed originally and sent scanned document file (softcopy) and the article to our email, jurnal.diglossia@fbs.unipdu.ac.id or sent it to the Editorial Office in the form of original hard copy and the article in softcopy form on Flash Disc or Compact Disc, to;Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan
Prodi Sastra Inggris Fakultas Bisnis dan Bahasa
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum
Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur 61481