Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah
(1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotamobagu
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, Eddy. “Home visit Oleh Guru atau Wali Kelas dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan 3, no. 2 (Oktober, 2019): 142–149. Amalia, Husna. “Implementasi Home visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT Al-Azhar Kediri.” Didaktika Religia 4, no. 1 (April, 2016): 77-106–106. Arswimba, Bernardinus Agus. “Evaluasi Pelaksanaan Home Visit di SMP.” Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan 1, no. 2 (2018): 111–120. Dwita, Konita Dian, Ade Irma Anggraeni, dan Haryadi Haryadi. “Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi 20, no. 1 (2018): 1–15. Handayani, Puji Gusri, dan Hafiz Hidayat. “Pentingnya Pelaksanaan Home Visit oleh Guru Bimbingan dan Konseling.” Dalam Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Jambore Konseling 3, 3:168–177. Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia (IKI), 2018. John, Barr. The Elemtaryteacher and Guidance. New York: Holt Rihenrt and Winston, 1954. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Revisi Ke-4. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), 2020. Komalasari, Elis. “Layanan Home visit Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera.” Ta’dib 18, no. 1 (Oktober, 2016): 76–85. Munir. Pembelajaran Jarak Jauh, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009. Ngalim, Purwanto. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosadakarya, 1998. Nurhayati, dkk. Rancangan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Sebagai Program Remedial. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Ompusunggu, Vera Dewi Kartini, dan Nilam Sari. “Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika.” Jurnal Curere 3, no. 2 (November, 2019): 58–66. Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013. Putri, Vera Rahma. “Memaksimalkan Kompetensi Guru Melalui Fitur Kelas Maya dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Inovasi Pembelajaran Jaman Now.” Proceeding IAIN Batusangkar 3, no. 1 (Januari, 2019): 323–332. Rahman Abdur, Assegaf. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press, 2017. Roopnarine, and Johnson. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2009. Santoso, Heri, dan Cuk Ananta Wijaya. “Kritik Atas Eksplanasi Deduktif-Nomologis dalam Ilmu Sejarah.” Jurnal Filsafat 13, no. 1 (April, 2007): 1–14. Sari, Indah Perdana “Mengapa Home Visit?.” Diakses pada tanggal 14 November 2020 dari https://almaata.ac.id/mengapa-home-visit/.Setiawan, Yan. Pemanfaatan Kelas Maya Untuk Pembelajaran Daring. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. South Carolina Departement of Education. The South Carolina Comprehensive Developmental Guidance and Counseling Program Model: A Guide for School Counseling Programs, Prekindergarten Through Grade Twelve. Columbia: South Carolina Department of Education, 2008. Terry, Anderson. The Theory and Practice of Online Learning. 2nd ed. Edmonton: Athabasca University Press, 2008. Wijaya, C. K. “Arti Eksplanasi Menurut Perspektif Filsafat Ilmu Ernest Nagel.” Tesis, Universitas Gadjah Mada, 1999. Winarno, Winarno, dan Johan Setiawan. “Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling).” Ultima InfoSys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi 4, no. 1 (Juni, 2013): 45–51.
DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2200
Article metrics
Abstract
PDF (Bahasa Indonesia)

Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by (and other):
__________
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam is managed and published by Department of Islamic Education Management, Postgraduate Program of Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, East Java, Indonesia.
Address: Postgraduate Office of Graha Unipdu, Tromol Pos 10 Peterongan Jombang 61481. Journal email: dirasatjmpi@gmail.com. Contact person: 085714129785 (WhatsApp).