Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat <ul> <li>Original title: <strong>Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam</strong></li> <li>Title in English: <strong>Dirasat: Journal of Management and Islamic Education</strong></li> <li>Short title: <strong>Dirasat</strong></li> <li>Abbreviation: dirasat. j. manaj. pendidik. islam</li> <li>EISSN: <strong><a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1458695740&amp;1026&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2527-6190</a></strong></li> <li>PISSN: <strong><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?cetakdaftar&amp;1459906896&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2503-3506</a></strong></li> <li>Frequency: 2 issues per year (January-June &amp; July-December)</li> <li>DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat</li> <li>Editor in chief: Dr. Amrulloh, Lc., M.Th.I (Unipdu Jombang | Scopus ID: 59499022700 | ORCID: 0000-0001-8070-4937)</li> <li>Publisher: Department of Islamic Education Management, Postgraduate Program, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang, East Java, Indonesia</li> <li>Accreditation: Sinta (Science and Technology Index)</li> <li>Indexing: <a href="https://doaj.org/toc/2527-6190?source=%7B%22query%22%3A%7B%22filtered%22%3A%7B%22filter%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22term%22%3A%7B%22index.issn.exact%22%3A%222527-6190%22%7D%7D%2C%7B%22term%22%3A%7B%22_type%22%3A%22article%22%7D%7D%2C%7B%22terms%22%3A%7B%22index.issn.exact%22%3A%5B%222503-3506%22%2C%222527-6190%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22query%22%3A%7B%22match_all%22%3A%7B%7D%7D%7D%7D%2C%22size%22%3A100%2C%22_source%22%3A%7B%7D%7D" target="_blank" rel="noopener"><strong>DOAJ</strong></a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?user=XcGNKh0AAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a>, <a href="https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=422" target="_blank" rel="noopener"><strong>Sinta</strong></a>, <a href="https://moraref.kemenag.go.id/archives/journal/98745563641550553" target="_blank" rel="noopener"><strong>Moraref</strong></a>, <a href="http://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/9596" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong></a>, <strong><a href="https://onesearch.id/Search/Results?filter%5b%5d=repoId:IOS3532" target="_blank" rel="noopener">One Search</a></strong>,<strong> <a href="https://search.crossref.org/?q=dirasat%3A+jurnal+manajemen+dan+pendidikan+islam&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a></strong>,<strong> <a href="https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1134184589?search_mode=content" target="_blank" rel="noopener">Dimensions</a></strong></li> <li>Language: Indonesian, English, Arabic</li> <li>Scope: Islamic Education Management, Islamic Religious Education, and Islamic Education in general</li> </ul> en-US dirasatjmpi@gmail.com (Dr. Amrulloh, Lc., M.Th.I) pasca@unipdu.ac.id (Isbayu Uliyah, ST) Thu, 01 Aug 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Membangun Brand Image untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 2 Yogyakarta https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4866 <p>Penelitian ini berdasarkan pada fenomena lembaga pendidikan saat ini berlomba-lomba untuk ber-saing menciptakan <em>brand image</em> yang kuat dengan tujuan menarik perhatian masyarakat atau calon peserta didik baru. Itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetitivitas pendidikan. Oleh kare-na itu, lembaga pendidikan harus aktif dalam mengembangkan <em>brand</em> dengan menghadirkan inovasi baru dan mencari ide-ide untuk memperkuat citranya, sehingga dapat bersaing secara efektif dengan lembaga pendidikan lainnya. Penlitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendeka-tan studi kasus. Objek peneltian adalah MAN 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teori Miles dan Huberman tentang analisis data kualitatif. Meyode uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi <em>brand image</em> yang dijalankan MAN 2 Yogyakarta secara konsisten ialah menentukan standar lulusan madrasah, juga mengadakan kelas akselerasi, kelas tahfiz baik asrama maupun nonasrama, kelas broadcast, dan kelas multimedia. Dari kelima <em>brand</em> tersebut peneliti menggunakan strategi <em>brand</em> positioning, strategi <em>brand</em> identity, dan strategi <em>brand</em> personality. Kemudian, Implikasi dari strategi membangun <em>brand image</em> untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 2 Yogyakarta ialah kualitas pelayanan jadi lebih baik, minat masyarakat dan peserta didik meningkat, serta memberikan identitas bagi madrasah.</p> <p>This study is based on the phenomenon of educational institutions currently competing to compete to create a strong <em>brand image</em> with the aim of attracting the attention of the public or prospective new students. This is done in order to increase the competitiveness of education. Therefore, educational institutions must be active in developing <em>brand</em>s by presenting new innovations and seeking ideas to strengthen their image, so that they can compete effectively with other educational institutions. This study uses a qualitative research type with a case study approach. The object of the study is MAN 2 Yogyakarta. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The data analysis method used is Miles and Huberman’s theory of qualitative data analysis. The data validity test method used is source and technique triangulation. The results of the study indicate that the form of <em>brand image</em> strategy that is consistently implemented by MAN 2 Yogyakarta is to determine the standards of <em>madrasah</em> graduates, also hold acceleration classes, <em>tahfiz</em> classes both boarding and non-boarding, broadcast classes, and multimedia classes. From the five <em>brand</em>s, the researcher uses <em>brand</em> positioning strategies, <em>brand</em> identity strategies, and <em>brand</em> personality strategies. Then, the implications of the strategy of building a <em>brand image</em> to increase the competitiveness of educational institutions at MAN 2 Yogyakarta are that the quality of service becomes better, the interest of the community and students increases, and it provides an identity for the <em>madrassah</em>.</p> Lutfi Setya Prayogi, Muslihun Muslihun Copyright (c) 2025 Lutfi Setya Prayogi, Muslihun Muslihun https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4866 Thu, 01 Aug 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4963 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus <em>Attention Deficit Hyperactivity Disorder</em> (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto; serta dampak perilaku peserta didik ADHD dari proses strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan proses pemebelajaran di SLB Negeri Seduri Mojokerto melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik ADHD dilakukan dengan menggunakan strategi <em>power strategy</em>, strategi pembiasan, dan strategi keteladanan yang digunakan dalam proses internalisasinya kepada peserta didik ADHD. Untuk jenis pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan ialah membaca Al-Qur’an dan menghafal surah-surah pendek; senyum, sapa dan salam; salat zuhur berjamaah; pembelajaran audio visual; pondok Ramadan; dan (6) istigasah Jumat legi. Kedua, dampak perilaku peserta didik dari proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat pada kebiasaan sehari-hari, seperti gotong royong, menghormati guru, dan rasa toleransi.</p> <p>This research aims to determine the learning strategies of Islamic Education for children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) at Seduri Public Special School (SLB Negeri Seduri) Mojokerto, and to assess the impact of ADHD students’ behavior from the process of Islamic Education learning strategies at SLB Seduri Mojokerto. This study is a qualitative descriptive nature. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The results of the research indicate, firstly, that the Islamic Education teachers’ strategies in implementing the Islamic Education learning process at SLB Seduri Mojokerto go through planning, implementation, and evaluation stages. In the implementation process of Islamic Education learning to ADHD students, strategies such as power strategy, habituation strategy, and exemplary strategy are used and internalized to ADHD students. The types of Islamic Education learning applied are reading the Qur’an and memorizing short chapters; smiles, greetings, and salutations; congregational <em>zuhr</em> prayer; audiovisual learning; Ramadan boarding; and Legi Friday istigasah. Secondly, the impact of students’ behavior from the implementation process of Islamic Education learning is evident in daily habits such as mutual cooperation, respecting teachers, and tolerance.</p> Ilham Muhajirin, Muhammad Romli Copyright (c) 2025 Ilham Muhajirin, Muhammad Romli https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4963 Sun, 01 Sep 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Brawijaya Pungging Mojokerto https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4312 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pembiayaan pendidikan di SMPI Brawijaya Pungging Mojokerto. Ini adalah penelitian kualitatif yang penghimpunan datanya menggunakan metode wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembiayaan pendidikan untuk kebutuhan operasional pendidikan. Kebutuhan tersebut berupa gaji pegawai, pemeliharaan, pengadaan sarana dan prasarana, pembinaan kesiswaan, peningkatan professional guru dan pegawai, serta pengawasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan pada SMPI Brawijaya Pungging sudah berjalan sangat baik. Kepala Sekolah memberikan arahan sebelum melaksanakan tugas, menghargai pendapat bawahan yang dalam hal ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan, serta melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Pengawasan di SMPI Brawijaya Pungging juga sudah berjalan baik. Ada koordinasi antara pihak sekolah dan tim pengawas pemerintah daerah.</p> <p>This study aims to identify the management of educational financing at SMPI Brawijaya Pungging Mojokerto. This is a qualitative study whose data collection uses in-depth interview methods, observation, and documentation. This study aims to determine the management of educational financing for educational operational needs. These needs include employee salaries, maintenance, procurement of facilities and infrastructure, student development, professional development of teachers and employees, and supervision. The results of this study indicate that the management of educational financing at SMPI Brawijaya Pungging has been running very well. The principal provides direction before carrying out tasks, respects the opinions of subordinates who in this case are educators and education personnel, and involves educators and education personnel in the preparation of the School Revenue and Expenditure Budget Plan (RAPBS). Supervision at SMPI Brawijaya Pungging has also been running well. There is coordination between the school and the local government supervisory team.</p> Luluk Firdausiyah, Muhammad Ainur Rofiq Copyright (c) 2025 Luluk Firdausiyah, Muhammad Ainur Rofiq https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4312 Tue, 01 Oct 2024 00:00:00 +0000 Strategi Guru dalam Membina Hubungan Positif dengan Peserta Didik https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4132 <p>Penelitian ini berupaya meninjau strategi yang dilangsungkan guru kelas 6 SDN 5 Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dalam membina hubungan yang positif bersama peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi-strategi yang dijalankan guru dalam membina hubungan yang positif dengan peserta didik meliputi: menjadikan peserta didik tidak ubahnya sebagaimana anak sendiri, yang diupayakan guna membangun pondasi yang paling asasi terhadap pendekatan-pendekatan selanjutnya dalam pembinaan hubungan yang positif itu sendiri; membangun keterbukaan dalam jalinan hubungan bersama peserta didik; mengembangkan keadilan dalam jalinan hubungan bersama peserta didik; menerima setiap peserta didik dengan keeksentrikannya masing-masing, menghargai setiap peserta didik dengan kekhasan mereka masing-masing; mengembangkan perhatian dengan pendekatan terhadap masing-masing personal; dan mengerti pun memahami peserta didik secara personal.</p> <p>This research seeks to review the strategies used by grade 6 teachers at SDN 5 Selat Penuguan, Banyuasin Regency, South Sumatra in fostering positive relationships with their students. This research uses qualitative research methods, with data collection techniques in the form of in-depth interviews. The results of this research regarding the strategies implemented by teachers in fostering positive relationships with students include making students no different from their own children, which is sought to build the most fundamental foundation for subsequent approaches in fostering positive relationships themselves. Then build openness in relationships with students, develop fairness in relationships with students, accept each student with their own eccentricities, respect each student with their own uniqueness, develop attention with an approach to each individual, and understand and understand students personally.</p> Bima Wahyudin Rangkuti, Dyah Ayu Latifah Copyright (c) 2025 Rangkuti, Latifah https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4132 Fri, 01 Nov 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri I Gondang https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4918 <p>Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu program pendidikan yang terdapat di sekolah dan memiliki peran untuk pembaruan, serta untuk mengembangkan potensi pendidikan dan juga komponen yang sangat penting untuk memajukan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA negeri 1 Gondang, dan menganalisis dampak layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, perencanaan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dimulai dengan adanya <em>assesment</em> siswa yaitu dengan membagikan sebuah angket kepada siswa yang dilakukan pada awal semester. Kemudian mengadakan <em>workshop</em> di awal semester dan setelah itu Kepala Sekolah bersama Waka Kurikulum menggerakkan bapak dan ibu guru untuk merealisasikan program BK. Program tersebut berupa layanan bimbingan klasikal, layanan individu, layanan bimbingan kelompok, layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran. Kedua, layanan bimbingan konseling memberikan dampak baik terhadap belajar siswa, yang mana siswa mendapat motivasi untuk selalu belajar dengan giat. Dari adanya bimbingan konseling yang memberikan strategi untuk belajar yang menarik. Selain itu juga siswa juga dapat menyalurkan bakat dan minatnya melalui mengikuti perlombaan baik diluar disekolah mapun di dalam sekolah.</p> <p>Guidance and counseling services are one of the educational programs available in schools and have a role in reforming, as well as developing educational potential and are also very important components for improving school quality. The aims of this research are to analyze the implementation of guidance and counseling services to improve student learning achievement at SMA Negeri 1 Gondang, and to analyze the impact of guidance and counseling services to improve student learning achievement at SMA Negeri 1 Gondang. The research method uses qualitative research. The results of this research show two things. First, planning for counseling guidance services to improve student learning achievement begins with a student assessment, namely by distributing a questionnaire to students which is carried out at the beginning of the semester. Then held a workshop at the beginning of the semester and after that the principal together with the head of curriculum mobilized the teachers to realize the BK program. The program takes the form of classical guidance services, individual services, group guidance services, information services, placement/distribution services. Second, counseling guidance services have a good impact on student learning, where students get motivation to always study hard. From the existence of counseling guidance which provides interesting learning strategies. Apart from that, students can also channel their talents and interests by participating in competitions both outside school and inside school.</p> Surya Adji Pangesti, Mohammad Maulana Nur Kholis Copyright (c) 2025 Surya Adji Pangesti, Mohammad Maulana Nur Kholis https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/4918 Fri, 01 Nov 2024 00:00:00 +0000 Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menghadapi Tantangan Perilaku Sosial Peserta Didik pada Abad 21 di Madrasah https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/5343 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam menghadapi tantangan perilaku sosial peserta didik pada abad 21 di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Masalah yang ditemukan di MAN Sumenep adalah merosotnya perilaku sosial peserta didik salah satunya karena kemajuan teknologi yang memberi dampak banyak hal terhadap peserta didik di antaranya, mereka cendrung kurang peduli terhadap lingkungan, mulai terbawa oleh suasana kehidupan yang individualis, menurunnya daya saing antar peserta didik, lemah dalam menentukan komunitas pertemanan dan merosotnya nilai-nilai akhlak di kalangan mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru Akidah Akhlak menerapkan strategi dengan menanamkan pentingnya belajar sebagai bekal di masa depan, mengajak peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan, menggalakkan adab dan budi pekerti, mengaitkan materi Aqidah Akhlak dengan kehidupan nyata (kontekstual), memahami pola pikir peserta didik, menjadikan diri sebagai contoh atau teladan bagi peserta didik, dan berkolaborasi dengan wali murid.</p> <p>The purpose of this study was to determine the strategies used by Akidah Akhlak teachers in facing the challenges of students’ social behavior in the 21st century at MAN Sumenep. This research uses qualitative research methods with descriptive qualitative research types. Data collection techniques used through observation, interviews, and documentation. The data sources used are primary data and secondary data. Data analysis is done by condensing data, presenting data, and drawing conclusions. The problem found in MAN Sumenep is the decline of social behavior of students one of which is due to technological advances that impact many things on students including, they tend to care less about the environment, began to be carried away by the atmosphere of individualist life, decreased competitiveness among students, weak in determining the community of friends and the decline of moral values among them. To overcome these problems, Akidah Akhlak teachers apply strategies by instilling the importance of learning as a provision for the future, inviting students to care for the environment, promoting adab and manners, linking Aqidah Akhlak material with real life (contextual), understanding the mindset of students, making themselves as examples or role models for students, and collaborating with student guardians.</p> Farihatil Fitriyah, Zakariyah Zakariyah, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo Copyright (c) 2025 Farihatil Fitriyah, Zakariyah Zakariyah, Dwijo Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/5343 Sun, 01 Dec 2024 00:00:00 +0000