TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS (PENGAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI)
Abstract
Achmad Nurhadi
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
fiais_noha@yahoo.co.id
Â
Abstract
Early childhood education essentially aims at providing stimulation in all aspects of child development including physical, intellectual, social, emotional and language development to develop optimally. To provide good education in early childhood we have to understand their characteristics and know their needs according to their developmental level. So we need to provide activities that meet the students needs and present them in a proper way as well. In accordance with the world of early childhood, children learn through play (learning through play) and play is a learning process for them (playing is learning). Therefore we have to give them activities which are appropriate with their world: playing.
Keywords: early childhood education, developmental level, learning through play
Â
Abstrak
Pendidikan anak usia dini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan rangsangan dalam semua aspek perkembangan anak termasuk perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan bahasa untuk berkembang secara optimal. Untuk memberikan pendidikan yang baik pada anak usia dini kita harus memahami karakteristik dan kebutuhan mereka sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Jadi kita harus menyediakan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan anak didik dan menyampaikannya dengan cara yang tepat pula. Sesuai dengan dunia anak usia dini, anak belajar melalui bermain (learning through play) dan bermain adalah proses belajar bagi mereka (playing is learning). Oleh karena itu kita harus memberi mereka kegiatan dengan cara yang sesuai dengan dunia mereka: bermain.
Kata kunci: pendidikan anak usia dini, tingkat perkembangan, belajar dengan bermain