UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP SISWA KELAS XA3 MA DAREL HIKMAH PEKANBARU

Authors

  • Maimunah - Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru

Abstract

Abstrak

Kesuksesan siswa dalam belajar disebabakan oleh kualitas proses belajar dan siswa disiapkan untuk belajar. Guru diharapkan dapat mengatur proses belajar yang dapat memberi stimulasi kepada siswa, jadi mereka ingin belajar karena mereka subyek utama dalam belajar. Penelitian ini menerapkan aplikasi Strategi FIRE-Up untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas XA3 MADarel Hikmah Pekanbaru. Strategi FIRE-Up adalah strategi yang dapat meningkatkan belajar siswa dalam mempelajari pelajaran sebelum aktifitas belajar dimulai. Materi awal sebagai pengetahuan pertama untuk siswa. Pemberian materi awal untuk mendorong siswa lebih aktif untuk mempelajari pelajaran sebelum pelajaran tersebut diajarkan,dengan tidak adanya informasi pencarian dan penggalian sebagai dasar pengetahuan mereka.

Kata kunci : aktifitas, strategi FIRE-UP, materi awal

Abstract

The success of students in learning are due to the quality of the learning process and students are prepared to learn. Teachers are expected to set the learning process that can provide stimulation to the students, so they want to learn because they are the main subject in the study. This study applied applications FIRE-Up Strategy to improve student learning activities XA3 class MADarel Hikmah Pekanbaru. FIRE-up strategy is a strategy that can enhance student learning in learning the lessons learned before the activity begins. Early as the first knowledge of the material to students. The provision of early material to more actively encourage students to learn lessons before the lesson is taught, in the absence of information as the basis for searching and extracting knowledge.

Keywords: activity, FIRE-Up Strategy, initial material

Author Biography

Maimunah -, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA

FKIP Universitas Riau, Pekanbaru

Downloads

Published

2010-11-01