MENENTUKAN EFFISIENSI PENGGUNAAN BAHAN PLAT BAJA / BETON PADA PEMBUATAN TANDON (STORAGE) BERUKURAN BESAR

Authors

  • Hazioedy - Fakultas MIPA Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum

Abstract

Abstrak

Masalah effisiensi menjadi bagian penting dalam perencanaan konstruksi khususnya dalam penggunaan bahan. Penggunaan effisiensi tidak terlepas dari masalah Kalkulus khususnya yang terkait dengan penerapan maksimum dan minimum dalam Teorema Derivatif. Lebih jauh lagi penting untuk diketahui bagaimana penerapan maksimum dan minimum dalam bidang konstruksi, ekonomi atau produksi, agar bisa mendapatkan nilai yang paling effisien dan optimal. Seperti halnya pembuatan tandon (Storage) yang berbentuk silinder dengan bagian atasnya (tutup) berbentuk setengah bola, kita bisa mendapatkan nilai yang paling ekonomi, apabila

R =

Dimana :

R : Jari-jari

: Volume bola

Dengan ukuran ini dan apabila silinder dbuat dari plat baja, maka pemakaian plat baja adalah paling sedikit (effisien).

Demikian pula untuk pembuatan tandon bentuk balok dengan volume misalnya v, dengan lebar alas sama dengan a dan panjang alas sama dengan ka, maka ukuran yang paling ekonomi adalah apabila:

, k = kelipatan dari a

Kata Kunci : Effisiensi, Tandon, Silinder, Balok.

 

Abstract

Problems efficiency becomes an important part in the planning of construction especially in the use of materials. The use of efficiency can not be separated from Calculus problems especially related to the application of the maximum and minimum in Theorem Derivatives. Furthermore it is important to know how the application of the maximum and minimum in the field of construction, economy or production, in order to get the most value efficient and optimal. As well as the manufacture of tank (Storage) are cylindrical in shape with the top (lid) hemispherical shape, we can get the most economic value if:

R =

where:

R: radius:

V: Volume ball

With this size and if the cylinder is made of steel plate, then use steel plate is at least (efficiently).

Similarly, for the manufacture of tank shapes such as beams with volume v, with a base width equal to a and a base length equal to ka, the size of the economy if:

, k = multiples a

Keywords: Efficiency, Tandon, Cylinders, Beams.

Author Biography

Hazioedy -, Fakultas MIPA Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum

Fakultas MIPA Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum

Downloads

Published

2011-05-01