IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI DI SMA NEGERI 1 MANYAR
Abstract
Abstrak
Miskonsepsi adalah suatu konsepsi yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima oleh para ilmuwan. Miskonsepsi didefinisikan sebagai konsepsi siswa yang tidak cocok dengan konsepsi para ilmuwan, hanya dapat diterima dalam kasus-kasus tertentu dan tidak berlaku untuk kasus-kasus lainnya serta tidak dapat digeneralisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengidentifikasi miskonsepsi dan Faktor-faktor Penyebabnya Pada Materi Permutasi dan kombinasi. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas X SMA Negeri I Manyar Gresik. Tahap penelitian dimulai memilih subjek penelitian berdasarkan hasil tes penguasaan konsep , pemberian tugas yang berdasarkan miskonsepsi yang dialami subjek dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada beberapa materi yaitu pada materi permutasi, materi Permutasi dengan beberapa unsur yang sama, materi permutasi siklis dan materi kombinasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa miskonsepsi disebabkan oleh siswa, guru dan buku teks.
Kata kunci:Identifikasi, Faktor-faktor Penyebab, Miskonsepsi, Kesulitan Belajar
Abstract
The misconception is a concept that does not correspond to the scientific sense or understanding accepted by scientists. Misconceptions are defined as conceptions of students who do not fit the conception of the scientists, can only be accepted in certain cases and does not apply to other cases and can not be generalized. This research is a qualitative descriptive study aimed to identify misconceptions and factors cause the permutation and combination of materials. Subjects consisted of four students of class X SMA Negeri I Manyar Gresik. Phase of the study began choosing subjects based on the results of tests mastery of concepts, administration tasks based on misconceptions experienced by the subject and interviews. The validity of the data is done by using a triangulation method, by comparing the results of written test and interview. The results showed that experienced student misconceptions occur in some of the material is the material of permutations, permutations material by some of the same elements, materials and material combinations cyclical permutation. The results also showed that misconceptions caused by students, teachers and textbooks.
Keywords: Identification, Causes Factors, Misconceptions, Learning Difficultie