KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA SEMAYONG TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Penulis

  • Parni Parni Institut Agama Islam Sulthan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Topik Topik Institut Agama Islam Sulthan Muhammad Syafiuddin Sambas

Kata Kunci:

Minat Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Prestasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan, dan kualitas pendidikan dicerminkan oleh prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah minat belajar. Minat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa yang memiliki minat dalam belajar, maka akan memiliki kesadaran untuk mengikuti proses belajar mengajar.  Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan “Bagaimanakah  Hubungan antara minat  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS  di MIS Semayong Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yaitu mencari pengaruh anrara variabel Minat Belajar (X) dan Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 78%  dan sisanya 22% dipengaruh oleh faktor lainnya.

Diterbitkan

2020-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel