IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DAN MEDIA DIORAMA KELAPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK

Penulis

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Nanik Mumayizah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Kata Kunci:

jigsaw, media diorama Kelapa, hasil belajar, tematik

Abstrak

Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode jigsaw dan media diorama Kelapa sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C pada mata pelajaran Tematik pemetaan IPS di MIN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 3 Jombang sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 12 siswa tuntas dengan rata-rata 69,22 dan prosentase ketuntasan 37,5 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,75 dengan prosestase ketuntasan 78,1% dan siklus 2 meningkat dengan prosentase 96,9 % dengan rata-rata 90,78. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dan media diorama Kelapa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN 3 Jombang

Diterbitkan

2020-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel