ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MI AL MUAWWANAH DALAM MENGENAL INSTRUMEN ALAT PERAGA MATEMATIKA

Penulis

  • Imam mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Indra Kusuma Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Kata Kunci:

alat peraga matematika, kemampuan penggunaan alat peraga, siswa MI

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat “ekspos-fakto” yang menggunakan variabel tunggal yaitu kemampuan siswa mengenal alat peraga matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai : (1) seberapa besar kemampuan mengenal alat peraga matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah, (2) seberapa besar kemampuan siswa mengenal nama alat peraga matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah, (3) seberapa besar kemampuan siswa mengenal fungsi alat- alat ukur matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah, (4) seberapa besar kemampuan siswa mengenal batas ukur pada alat peraga matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah, dan (5) seberapa besar kemampuan siswa mengenal NST alat peraga matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al Muawwanah yang terdiri dari 43 orang siswa dan sampelnya berjumlah 13 orang siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode random sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) kemampuan mengenal alat peraga matematika siswa kelas IV MI Al Muawwanah terglong tinggi, (2) kemampuan siswa mengenal nama alat peraga matematika tregolong tinggi, (3) kemampuan siswa mengenal fungsi alat peraga matematika tergolong tinggi, (4) kemampuan siswa mengenal batas ukur pada alat peraga matematika tergolong tinggi, dan (5) kemampuan siswa mengenal prosedur penggunaan alat peraga matematika tergolong tinggi

Diterbitkan

2020-04-25

Terbitan

Bagian

Artikel