IMPLEMENTASI MEDIA BLOOD SIRCULATION DALAM MENGIDENTIFIKASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI MADRASAAH IBTIDAIYAH KESAMBEN JOMBANG

Penulis

  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Devita Amandasari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Kata Kunci:

Mengidentifikasi, Blood Sirculation, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstrak

Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kesamben Jombang yang menggunakan media Pembelajaran Blood Sirculation, dengan harapan siswa memiliki minat untuk mempelajari mata pelajaran IPA dengan mudah, karena media ini sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran maka dengan media pembelajaran Blood Sirculation yang lengkapi dengan sirkulasi peredaran darah dalam bentuk aliran-aliran darah melalui selang yang sudah di bentuk seperti organ tubuh yang dialiri darah, dengan simulasi ini sehingga siswa lebih tertarik dan mampu meningkatkan minat belajarnya agar proses belajar yang menyenangkan dapat mereka peroleh. Pelaksanaan penelitian ini dalam 2 tahap siklus. Penentuan  siswa kelas V dari MI Kesamben Jombang  dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 12 laki-laki, 8 perempuan sebagai subjek penelitian. Pada tahap pra-siklus guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga hanya 2 siswa yang mampu mencapai ketuntasan klasikal. Setelah diterapkannya media Blood Sirculation pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan 12 siswa yang terampil. Pada siklus 2 kemampuan siswa mengalami peningkatan secara signifikan dibuktikan dengan rata-rata klasikal mencapai 78 dengan persentase ketuntasan 99,05%. Karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dalam mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia dengan menggunakan media Blood Sirculation dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia di MI Kesamben Jombang

Diterbitkan

2021-03-20

Terbitan

Bagian

Artikel