ANALISIS DETEKSI PLAGIARISME PADA LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS) UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Miftakhul Ilmi S Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Deteksi plagiarisme, sistem manajemen pembelajaran, calon guru

Abstrak

Penelitian kebijakan ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar dan tugas menggunakan layanan deteksi plagiarisme pada LMS untuk pembelajaran Online calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk  mahasiswa calon guru Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2020/2021 semester 5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas  layanan deteksi plagiarime pada LMS dalam hal penurunan plagiarisme karya calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Disimpulkan bahwa implementasi deteksi plagiarisme pada LMS (Learning Management Systems) untuk pembelajaran online tersebut efektif untuk mengurangi plagiarisme karya mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah.

Diterbitkan

2021-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel