UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Penulis

  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Elis Dia Rohmi Romadlona Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Hasil belajar, metode CIRC, bahasa Indonesia

Abstrak

Berdasarkan dari rumusan masalah yang ada dan juga dari hasil penelitian yang diperoleh serta dari pembahasan yang telah dipaparkan di depan maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas III MI Darus Salam pada keterampilan menulis puisi pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II menjadi 81 dan siswa yang mencapai ketuntasan dari 33 orang menjadi 45 orang. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II.

Diterbitkan

2021-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel