PENGUASAAN KONSEP MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN INTERACTIVE PHYSICS MAGAZINE
Kata Kunci:
Discovery learning, Interactive Physics Magazine, Penguasaan Konsep, Momentum dan ImpulsAbstrak
Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Discovery Learning berbantuan Interactive Physics Magazine Momentum dan Impuls terhadap Penguasaan Konsep Fisika, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap penguasaan konsep. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain perlakuan ulang (one group pretest and posttest design). Instrumen penelitian yang digunakan berupa studi pustaka, tes, angket, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t-Paired Two Sample for Means. Hasilnya t tabel yaitu 2,04523 dengan p value sebesar 0,0000000000575. Oleh karena p value lebih kecil dari alfa 5% atau dengan melihat |t hitung| > t tabel maka keputusannya Tolak H0. Jika Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep sebelum dan sesudah diterapkannya discovery learning berbantuan interactive physics magazine. Penguasaan konsep peserta didik setelah pembelajaran melalui model discovery learning dengan media interactive physics magazine materi momentum dan impuls meningkat sebanyak 0,47 yang termasuk kategori sedangUnduhan
Diterbitkan
2021-09-12
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.