ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE AND DISCUSSION DI KELAS V MI AL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG

Penulis

  • Miftakhul Ilmi S Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Indra Kusuma Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Fatchur Rozi Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Metode Scramble, Diskusi, Kemampuan Menyambung Huruf Hijaiyah

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menyambung huruf
hijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.
Penelitian dilaksanakan karena kemampuan siswa dalam menyambung huruf
hijaiyah sangat rendah. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan
kelas dengan dilakukan dua siklus yang sesuai dengan model dari Kurt Lewin.
Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Hidayah
Tugusumberjo Peterongan Jombang sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata mencapai 63. Pada tahap siklus I kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 73,5. Pada siklus 2 kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84,5. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Scramble and Discussion dapat meningkatkan kemampuan menyambung huruf hijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel