EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE PHYSICS MAGAZINE PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Penulis

  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Asiyah Lu’lu’ul Husna Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Kata Kunci:

efektivitas, media pembelajaran, Interactive Physics Magazine

Abstrak

Abstrak: Penerapan kurikulum 2013 harus sesuai dengan perkembangan teknologi. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi adalah Interactive Physics Magazine. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Interactive Physics Magazine pada materi momentum dan impuls. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preeksperimen. Desain perlakuan ulang (one group pretest and posttest design). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode angket, metode observasi, dan metode dokumentasi. Efektivitas media pembelajaran interactive physics magazine dilihat dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran telah berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dikembangkan. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan kategori baik, hampir seluruh peserta didik aktif mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran interactive physics magazine. Pemahaman konsep peserta didik setelah pembelajaran dengan media interactive physics magazine materi momentum dan impuls meningkat sebanyak 0,47 yang termasuk kategori sedang. Respons siswa terhadap pembelajaran memberikan respons positif. Kendala yang dijumpai selama pembelajaran berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam presentasi dan diskusi.

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel